Sukses

Profil Ongen Saknosiwi: Petinju Asal Maluku yang Merupakan Prajurit TNI AU

Ongen Saknosiwi merupakan prajurit TNI AU. Perjuangan Ongen di dunia tinju begitu didukung TNI AU.

Liputan6.com, Jakarta- Petinju Ongen Saknosiwi mengharumkan nama Indonesia. Pada Jumat (4/3/2022), Ongen sukses meraih gelar gelar WBC Asian Boxing Council Continental divisi Featherweight (kelas bulu 57,1 kg).

Bertanding di World Siam Stadium, Bangkok, Ongen Saknosiwi berhasil menang KO melawan petinju tuan rumah Rattakorn Tassaworn. Ongen mengakhiri perlawanan Rattakorn di ronde keempat.

Kemenangan di Thailand ini membuat Ongen masih memiliki rekor sempurna sejak melakuan debut sebagai petinju profesional sejak 23 November 2016. Pria asal Pula Buru Maluku itu selalu menang dalam 9 pertandingan sudah dilakoninya.

Yang luar biasa, hampir semua kemenangan yang didapat Ongen diraih lewat KO atau TKO, termasuk saat melawan Rattakorn.

Ongen memulai debut di tinju profesional dengan melawan Imanuel Hutagalung. Saat itu Ongen meraih kemenangan TKO pada ronde kedua. Meski aktif di dunia tinju, Ongen rupanya merupakan prajurit TNI Angkatan Udara aktif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Mula

Kehebatan Ongen di ring tinju tak lepas dari peran sang ayah. Ongen dikenalkan dengan tinju oleh ayahnya. Sang ayah sering mengajaknya nonton pertandingan tinju sejak masih SD.

Bakat Ongen kemudian ditemukan mantan petinju nasional Weim Saputelle (Almarhum). Weim mengajak Ongen bergabung dengan sasana tinju miliknya di Tangerang.

Namun Ongen sempat dihinggapi keraguan untuk berkarier di tinju. Dia ragu tinju bisa memberikan kehidupan yang layak baginya. Oleh karena itu Ongen memilih mendaftar menjadi anggota TNI di tahun 2014. Ongen kemudian diterima sebagai prajurit TNI AU.

3 dari 4 halaman

TNI AU

Bergabung di TNI AU, Ongen justrua semakin mendapat dukungan untuk terus melanjutkan kariernya di dunia tinju. Kebetulan TNI AU memiliki sasana Dirgantara Boxing Club. Ongen bergabung disana.

Ongen ikut bertanding di PON 2016 yang diadakan di Jawa Barat. Usai PON, Ongen membulatkan tekad menjadi petinju profesional dan kemudian bergabung dengan Makhota Promotion.

4 dari 4 halaman

Dukungan

TNI AU sangat mendukung dan bangga dengan perjuangan Ongen. Semalam, TNI AU bahkan menggelar acara nonton bareng pertarungan Ongen di Thailand. Acara nobar diadakan di Koopsudnas Halim Perdanakusuma.

Acara nobar berlangsung dengan protokol kesehatan ketat. Turut hadir Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.