Sukses

Termasuk Lionel Messi, Ini 5 Gagal Transfer Chelsea di Bawah Kepemimpinan Abramovich

Simak nama-nama pemain bintang yang gagal didatangkan Chelsea selama era pemerintahan Roman Abramovich dalam artikel berikut!

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik Chelsea Roman Abramovich baru-baru ini memutuskan menjual klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut. Konflik Rusia dan Ukraina menjadi alasan kuat di balik keputusan sang taipan.

Abramovich memang digadang-gadang memiliki hubungan dekat dengan rezim Vladimir Putin. Hal itu membuat pemerintah Inggris berencana membekukan aset Abramovich dan melarangnya tinggal di Inggris.

Tak ingin Chelsea terkena imbasnya, Abramovich pun melepas klub yang kini bertengger di peringkat tiga klasemen sementara Liga Inggris itu. Ia menilai ketetapan tersebut merupakan langkah terbaik bagi The Blues.

Chelsea telah dikenal dengan kesuksesannya sejak diambil alih oleh Abramovich melalui kesepakatan senilai 140 juta poundsterling pada 2003. Konglomerat asal Rusia itu rela menggelontorkan dana besar demi menjadikan The Blues sebagai salah satu kekuatan global.

Pendekatan royal sang pemilik sukses mengantar Chelsea meraih 21 trofi dalam 19 tahun masa pemerintahannya. Sayangnya, Daily Star mencatat terdapat sejumlah pemain yang gagal didatangkan ke Stamford Bridge, terlepas dari tajirnya Abramovich.

Berikut nama-nama pemain yang batal bergabung dengan Chelsea di era Roman Abramovich, seperti dilansir dari laporan Daily Star!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lionel Messi

Lionel Messi resmi meninggalkan Barcelona pada musim panas lalu. Peristiwa itu terjadi tujuh tahun setelah Roman Abramovich mencoba memboyong megabintang asal Argentina dari sang raksasa Catalan.

Dilansir dari Daily Star, Lionel Messi berada di puncak kekuatannya saat pemilik The Blues menyodorkan kesempatan untuk bertolak ke London. Namun, tawaran senilai 225 juta poundsterling rupanya tak cukup membuat Chelsea mengamankan jasa Lionel Messi.

Abramovich memang telah menyaksikan keberhasilan Chelsea menaklukkan kompetisi sepak bola Eropa dua kali selama masa jabatannya. Akan tetapi, dirinya juga harus rela menelan kegagalan memboyong superstar sekelas Lionel Messi selama berada di Stamford Bridge.

3 dari 6 halaman

2. Wayne Rooney

Chelsea merupakan satu dari sejumlah klub yang tertarik untuk memanfaatkan situasi Wayne Rooney di Manchester United pada 2010. Mengutip laporan Daily Star, Rooney diketahui pernah mengajukan permintaan transfer dari Old Trafford.

Hal inilah yang nampaknya ingin dijadikan kesempatan oleh Chelsea untuk mendatangkan sang legenda. Namun, di tengah munculnya tawaran dari Abramovich dan Real Madrid, Wayne Rooney justru memilih menandatangani kontrak baru dengan Setan Merah.

4 dari 6 halaman

3. Luka Modric

Sudah menjadi rahasia umum sekaligus aturan tidak tertulis bahwa Chelsea tidak akan melakukan bisnis bersama Tottenham. Hubungan buruk keduanya disinyalir merupakan buntut dari serangkaian transfer gagal, termasuk upaya pengejaran Luka Modric pada 2011.

Dilansir dari Daily Star, Modric kala itu telah berkembang menjadi salah satu playmaker papan atas. Sayangnya, Abramovich tak berhasil membujuk Daniel Levy untuk berpisah dengan pemain bintangnya.

Penggawa internasional Kroasia itu akhirnya menetap bersama The Lilywhites selama satu musim lagi, sebelum menyegel kepindahan besar ke raksasa La Liga Real Madrid pada musim panas berikutnya.

5 dari 6 halaman

4. Steven Gerrard

Rencana mendatangkan Steven Gerrard mungkin menjadi salah satu transfer gagal paling terkenal di era Abramovich. Steven Gerrard sejatinya nyaris berkhianat ke Chelsea pada 2004, lantaran merasa klubnya kurang kuat untuk ikut perburuan gelar juara Liga Inggris.

Akan tetapi, Gerrard batal mengenakan jersey biru kebanggan The Blues. Gelandang asal Inggris itu memutuskan untuk tetap bersama Liverpool, alih-alih mengejar mimpinya meraih trofi juara domestik di tempat lain.

6 dari 6 halaman

5. Neymar

Abramovich dilaporkan sempat berupaya memboyong Neymar ke Stamford Bridge sebanyak dua kali. Usaha terbarunya digagalkan oleh PSG, yang sukses memenangkan perebutan superstar asal Brasil itu pada 2017.

Chelsea juga diketahui sempat gagal mendatangkan Neymar ke London selama waktunya di Santos. Pada 2013, Neymar hengkang ke Barcelona dan menjadi tandem Lionel Messi serta Luis Suarez, sebelum akhirnya hijrah ke Le Parisien hingga saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.