Sukses

Ukraina Minta FIFA Tunda Play-Off Kualifikasi Piala Dunia, Ada Apa?

Tim nasional Ukraina dijadwalkan akan melawan Skotlandia pada babak play-off Kualifikasi Piala Dunia pada Kamis (24/3/2022).

Liputan6.com, Jakarta Tim nasional Ukraina meminta FIFA untuk menunda pertandingan play-off Kualifikasi Piala Dunia melawan Skotlandia. Pertandingan yang dijadwalkan di Stadion Hampden Park, Kamis (24/3/2022) ini harus ditunda karena adanya penutupan sepak bola domestik selama invasi Rusia ke Ukraina. 

FIFA dapat mengkonfirmasi telah menerima permintaan dari Asosiasi Sepak Bola Ukraina hari ini untuk menunda pertandingan mereka yang dijadwalkan pada bulan Maret,” kata Badan Sepak Bola Dunia dikutip dari CBC pada Jumat (4/3/2022). 

Komposisi pemain Ukraina ini juga terdiri dari pemain yang biasanya bermain untuk klub domestik seperti Dynamo Kyiv dan Shakhtar Donetsk. Selain itu, beberapa pemain yang bukan dari Ukraina meninggalkan negara tersebut untuk mencari keselamatan. 

Pihak FIFA sudah berbicara dengan pejabat Skotlandia dan badan sepak bola UEFA untuk menemukan keputusan yang tepat terkait pertandingan ini.

“Untuk menemukan solusi yang tepat. FIFA menyatakan solidaritas terdalam kepada semua orang yang terkena dampak apa yang terjadi di Ukraina.” 

Salah satu pilihan yang paling tepat adalah untuk menunda pertandingan di play-off empat tim sampai tanggal pertandingan berikutnya di bulan Juni. Program kualifikasi Piala Dunia global telah mengalami beberapa penundaan karena pandemi Covid-19. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Skotlandia

Di sisi lain, gelandang Skotlandia, Stuart Armstrong juga memberikan pandangannya mengenai pertandingan melawan Ukraina. Hal ini diungkapkan sebelum Ukraina meminta untuk menunda play-off karena adanya invasi Rusia. 

Dia mengatakan bahwa pertandingan ini akan membawa banyak emosi. Meski para pemain akan fokus untuk bermain pada saat pertandingan dimulai. 

“Ini adalah situasi yang unik, dipenuhi oleh emosi tentu saja, sangat sulit tapi saya juga ingin menekankan bahwa ini adalah pertandingan sepak bola. Orang-orang terutama para pemain akan fokus kepada pertandingan sepak bola dimulai,” ujar Armstrong dikutip dari Sky Sport Italia. 

Pemain berusia 29 tahun itu juga menunjukkan simpatinya kepada Ukraina dengan lebih mementingkan keselamatan dan keamanan orang-orang Ukraina. 

“Ini adalah situasi yang sulit untuk semua orang yang terlibat. Simpati saya untuk orang-orang di Ukraina saat ini. Sepak bola bisa dikesampingkan,” pungkas Armstrong

3 dari 4 halaman

Ukraina dan Piala Dunia

Ukraina baru sekali lolos ke Piala Dunia sejak negara sepak bola menjadi independen 30 tahun lalu. Tim sepak bola Ukraina berhasil mencapai perempat final pada tahun 2006 dan juga mencapai perempat final di Kejuaraan Eropa tahun lalu. 

Tahun ini, Ukraina berhasil masuk ke play-off Kualifikasi Piala Dunia. Pada 24 Maret mendatang, tim Ukraina dijadwalkan akan melawan Skotlandia dan pemenangnya kemudian akan menghadapi Wales atau Austria lima hari kemudian untuk mendapatkan tempat di Piala Dunia tahun ini. 

Penulis: Jesslyn Koesman

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.