Sukses

Bola Ganjil: MotoGP 2022, Panggung Berkumpulnya Juara Dunia

MotoGP 2022 sudah masuk ke buku rekor sebagai kompetisi terpanjang dengan menghadirkan 21 balapan. Namun, ada sejarah lain yang juga tercipta terkait partisipasi para juara dunia.

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP 2022 sudah masuk ke buku rekor sebagai kompetisi terpanjang. Lomba kuda besi ini bakal menghadirkan 21 balapan.

Seri pembuka berlangsung di Losail International Circuit, Qatar, Minggu (6/3/2022). Rider Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo bakal berusaha mempertahankan takha.

Namun, 23 pembalap lain tentu tidak tinggal diam dan bakal mengerahkan kecepatan maksimal demi menjadi juara dunia.

Quartararo harus melewati persaingan sengit. Apalagi musim 2022 menjanjikan kompetisi terketat sepanjang sejarah.

Pasalnya, ada 14 juara dunia yang bakal turun di lintasan. "Lihat ada berapa juara dunia yang tampil di kelas utama. Plus kualitas para rookie. Ini adalah musim idaman," kata bos Tech3 KTM Herve Poncharal dilansir situs resmi MotoGP.

Para penguasa dunia tersebut total menghasilkan 24 gelar. Marc Marquez (Repsol Honda Team) menjadi kolektor terbanyak dengan delapan titel, enam di kelas utama.

Selain Marquez dan Quartararo, para juara dunia MotoGP lain adalah Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) yang berkuasa pada 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Juara Kelas Lain

Pol Espargaro (Repsol Honda Team), Johann Zarco (Pramac Racing), Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Alex Marquez (LCR Honda Castrol), Enea Bastianini (Gresini Racing), dan Remy Gardner (Tech3 KTM Factory Racing) adalah pemenang di kelas menengah alias Moto2.

Sementara Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF), Maverick Vinales (Aprilia Racing), Brad Binder (Red Bull KTM), dan Jorge Martin (Pramac Racing) mencatat kesuksesan di Moto3 atau kelas ringan.

 

3 dari 5 halaman

12 Pemenang di MotoGP, 23 Juara di 3 Kelas

Selain para juara dunia, MotoGP 2022 juga menghadirkan banyak pemenang balapan. Ada 12 nama yang pernah menduduki podium tertinggi untuk total menghasilkan 111 kemenangan.

Dengan pensiunnya Valentino Rossi, kembali Marquez menduduki daftar tertinggi pada kategori ini di angka 59. Kemenangannya bahkan mengungguli total 11 nama lain yang berjaya 52 kali.

Jika bicara seluruh kelas, hampir seluruh pembalap MotoGP 2022 pernah merajai seri. Satu-satunya nama yang belum pernah mencicipi kemenangan adalah Aleix Espargaro (Aprilia Racing).

4 dari 5 halaman

Rookie Fantastis

Kualitas para rookie juga fantastis. Remy Gardner adalah juara dunia Moto2 2021 dan pemenang enam balapan. Rekannya di Tech3 Raul Fernandez sudah berjaya 10 kali (8 di Moto2, 2 di Moto3).

Marco Bezzecchi mengoleksi enam kemenangan (3 di Moto2, 3 di Moto3). Fabio Di Giannantonio menguasai tiga seri (1 di Moto2, 2 di Moto3). Sementara Darryn Binder meraih satu kemenangan (Moto3).

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.