Sukses

Hari Raya Nyepi 2022, Ini Pesan Menag Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas punya pesan di Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944. Menag berpesan Nyepi kal ini harus menjadi momentum untuk mengaktualisasi nilai-nilai leluhur.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas punya pesan di Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944. Menag berpesan Nyepi kal ini harus menjadi momentum untuk mengaktualisasi nilai-nilai leluhur.

Salah satunya adalah nilai Tattwam Asi.

“Tattwam Asi bermakna "aku adalah engkau”. Nilai ini menjadi sumber inspirasi bagi umat Hindu untuk hidup saling menghormati, rukun, dan bertoleransi," jelas Yaqut dikutip dari siaran persnya, Kamis (3/3/2022).

“Mari aktualisasi nilai Tattwam Asi dan perkuat moderasi beragama,” sambungnya.

Menag menambahkan, dirinya berharap umat Hindu bisa mengambil banyak pelajaran dari Hari Suci Nyepi tahun ini. Menurutnya, momentum Hari Raya Nyepi kali ini bisa digunakan untuk kembali menata keseimbangan.

Mari berikan jeda sejenak kepada alam agar kembali menata keseimbangan. Kita muliakan alam maka alam akan memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Covid-19

Lebih lanjut, Menag juga berharap agar covid-19 segera berlalu dari Indonesia. Ia juga mengingatkan akan pentingnya beragama yang moderat.

"Semoga pandemi covid-19 segera berlalu. Mari terus berkolaborasi dalam harmoni, perkuat moderasi beragama, menuju Indonesia maju," kata Yaqut.

3 dari 3 halaman

Infografis Nyepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.