Sukses

Duet Maut Menpora Zainudin Amali dan Menparekraf Sandiaga Uno Kolaborasikan Event Olahraga dan Wisata

Menpora mencontohkan salah satu kegiatan yang bisa dikolaborasikan dengan Kemenparekraf adalah ASEAN Para Games di Surakarta

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia atau Menpora, Zainudin Amali, menyebut akan banyak kegiatan pemuda dan olahraga yang bakal dikolaborasikan dengan kementerian atau lembaga terkait.

"Salah satunya, kegiatan Kemenpora akan kita kolaborasikan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)," kata Menpora Amali usai menghadiri launching program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022, Selasa (1/3/2022).

Menpora mencontohkan salah satu kegiatan yang bisa dikolaborasikan adalah saat Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games (APG) di Surakarta, Juli mendatang.

Dikataka Menpora, kerjasama itu bisa di event olahraga nasional yang dilaksanakan sendiri maupun jadi tuan rumah dari even dunia, seperti APG 2022 mendatang. "Saya kira ini luar biasa karena dilaksanakan di seluruh Indonesia," tambah Menpora, seperti dikutip dari situs Kemenpora..

Terkait dengan acara KEN 2022, Menpora menilai program yang bagus, karena akan ada 110 event yang sudah diluncurkan Kemenparekraf. Ini suatu hal yang sangat baik dan tentu yang tidak terlepas dari KEN adalah event olahraga nasional," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potensi Besar

Di tempat yang sama, Menparekraf Sandiaga Uno menilai olahraga memang miliki potensi besar. Karenanya, Sandiaga siap mendukung program pemuda dan olahraga agar bisa dikerjasamakan dengan program strategis.

"Saat ini saya menilai event olahraga di tanah air sudah mulai banyak juga mulai bangkit. Ke depan Kemenparekraf akan mendukung melalui program strategis," kata Sandiaga.

"Kami akan mendukung program olahraga bersama Pak Menpora, tidak terkurasi bersama KEN tetapi dapat bekerjasama dengan baik dengan Kemenpora," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Tonggak Penting

Sandiaga Uno menjelaskan, KEN merupakan wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh daerah di Indonesia.

Program ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2021 lalu sebagai tonggak penting dan harapan baru bagi kebangkitan industri tanah air, sekaligus mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi event di Asian Tenggara.

4 dari 4 halaman

Protokol Kesehatan

Dikatakan Sandiaga Uno, KEN merupakan salah satu adaptasi di tengah pandemi terhadap penyelenggaraan acara yang akan dilakukan di tahun 2022 dengan bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

"Kami akan berusaha terus dan mendukung serta akan memberi semangat kepada event-event unggulan baik itu olahraga pariwisata dan budaya di Indonesia, dengan mengedepankan prokes sebagai tanda kebangkitan kita semua," tambah Sandiaga.

"Saya yakin ini kebangkitan ekonomi kita semoga tahun depan kita akan lebih banyak event-event ekonomi kreatif yang masuk ke dalam KEN dengan prediksi ribuan pelaku parekraf terlibat dan terbuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.