Sukses

Long Covid Sedikit Ditemukan di Penyintas Omicron

Covid-19 varian Omicron belum bisa terkonfirmasi memiliki efek Long COVID seperti pada varian Delta. Hal itu diungkapkan, Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan.

Liputan6.com, Jakarta Covid-19 varian Omicron belum bisa terkonfirmasi memiliki efek Long COVID seperti pada varian Delta. Hal itu diungkapkan, Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan.

Long COVID banyak ditemukan saat Delta, untuk Omicron belum banyak dan belum bisa disimpulkan," kata Erlina dalam konferensi pers daring bersama Kemenkes RI pada Jumat, 25 Februari 2022.

"Jadi, kita belum bisa melihat data-data pada Omicron,” ujarnya menambahkan.

Menurut Erlina, long Covid pada penyintas varian Omicron sedikit ditemukan. Pasalnya, mayoritas pasien Omicron bergejala ringan atau tanpa gejala sama sekali.

“Menurut saya sih, asumsi saya akan sangat sedikit karena memang kejadian long COVID biasanya pada orang yang derajat penyakitnya sedang hingga berat atau kritis.” katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Terjadi di Varian Delta

Lebih lanjut, data mengungkapkan bahwa Long Covid memang banyak terjadi di varian Delta. Data PDPI menunjukkan 30 persen penyintas di Indonesia mengalami Long COVID.

“Yang terbanyak gejalanya adalah kelelahan dan gejala ini merata di seluruh negara, rata-rata 60-70 persen. Diikuti batuk, sesak, gejala kognitif seperti pelupa, susah konsentrasi, susah tidur.” kata Erlina.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.
    Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.

    Long Covid

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Apa