Sukses

Laos WO, Peringkat 3 Piala AFF U-23 2022 Jadi Prestasi Terbaik Timor Leste di Panggung Internasional

Laos vs Timor Leste semestinya berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Sabtu (26/2/2022). Namun, Mouzinho de Lima dan kawan-kawan tidak perlu memeras keringat karena lawan digerogoti Covid-19.

Liputan6.com, Phnom Penh - Timor Leste sukses menduduki peringkat tiga Piala AFF U-23 2022. Torehan tersebut menjadi capaian terbaik tim nasional sepak bola mereka di ajang internasional pada berbagai level usia.

Laos vs Timor Leste semestinya berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Sabtu (26/2/2022). Namun, Mouzinho de Lima dan kawan-kawan tidak perlu memeras keringat karena lawan digerogoti Covid-19.

"Laga perebutan posisi 3/4 dibatalkan. Laos tidak memiliki cukup pemain karena terinfeksi Covid," tulis keterangan resmi Asean Football.

Peringkat tiga Piala AFF U-23 2022 memperkaya rapor Timor Leste, terutama di level usia. Meski belum mencicipi gelar serta minim prestasi pada panggung senior, kesuksesan di level junior bisa membuat mereka percaya diri.

Capaian terbaik pertama hadir di Piala AFF U-16 2010. Kala itu Timor Leste juga menempati posisi tiga turnamen. Torehan serupa hadir di Piala AFF U-19 2013, sebelum berlanjut ke Piala AFF U-23 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Juara Grup

Timor Leste sebenarnya tampil mengesankan sepanjang Piala AFF U-23 2022. Mereka sukses menjuara Grup A yang berisi tuan rumah Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Pasukan Fabio Magrao mengoleksi tujuh angka berkat kemenangan atas Brunei dan Kamboja.

3 dari 5 halaman

Kurang Beruntung

Lolos ke babak gugur, Timor Leste menantang tim kuat Vietnam. Mereka mampu meredam lawan tanpa gol hingga adu penalti.

Sayang Timor Leste kalah beruntung sehingga menyerah 3-5.

4 dari 5 halaman

Alasan Laos

Di sisi lain, Laos juga menunjukkan kapasitas dengan menyingkirkan Malaysia untuk menjuarai Grup B. Mereka lalu takluk 0-2 dari Thailand pada semifinal, sebelum badai Covid-19 menyerang jelang duel kontra Timor Leste. 

Mereka tidak memiliki cukup pemain untuk melakoni laga. 

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.