Termasuk Jadon Sancho, 5 Pemain MU Ini Sukses Tampil Moncer di Bawah Asuhan Rangnick

Oleh Dzaky Nurcahyo pada 27 Feb 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 27 Feb 2022, 07:00 WIB
Ralf Rangnick - Manchester United - 4 Desember 2022
Perbesar
Manajer sementara Manchester United Ralf Rangnick saat meninggalkan lapangan setelah timnya menghadapi Wolverhampton Wanderers dalam lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (4/1/2022) dini hari WIB. MU kalah 0-1. (Paul ELLIS / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih interim Manchester United (MU) Ralf Rangnick memang belum membawa perubahan signifikan di Old Trafford. Permainan Setan Merah masih cenderung stagnan dan kerap kesulitan kala memenangi pertandingan.

Namun, progres kerja Rangnick usai ditunjuk sebagai manajer pada November tahun lalu mulai terlihat. Terutama dalam urusan kemampuan individu para pemain.

Manajer asal Jerman itu berhasil meningkatkan performa anak asuhnya kala bermain di atas lapangan hijau. Terutama bagi para pemain yang sempat underperform kala dinahkodai Ole Gunnar Solskjaer.

Di sisi lain, Rangnick juga sukses mempertahankan performa para bintangnya untuk tampil konsisten. Bisa dibilang Rangnick hampir menemukan racikan terbaik guna memadukan skuad yang dimiliki untuk kembali ke jalur juara.

Berikut lima pemain MU yang sukses tampil moncer di bawah asuhan Ralf Rangnick seperti dilansir Sportskeeda:


1. Fred

Philippe Coutinho Cetak Gol, Aston Villa Tahan Imbang Manchester United
Perbesar
Gelandang Manchester United, Fred mengontrol bola saat bertanding melawan Aston Villa pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Villa Park di Birmingham, Inggris, Minggu (16/1/2022). Aston Villa bermain imbang atas Manchester United 2-2. (AP Photo/Rui Vieira)

Fred menjadi salah satu pemain yang memiliki progres nyata di bawah asuhan Rangnick. Gelandang asal Brasil itu sukses meningkatkan performanya kala diberikan menit bermain.

Hal tersebut terlihat dari efektifitas Fred yang dapat membawa perubahan di lini tengah permainan MU. Pemain berusia 28 tahun itu mampu melakukan operan cepat dan membangun serangan dari lini pertahanan.

Selain itu, dari 13 penampilan yang diberikan Rangnick, Fred berhasil mencetak 2 gol dan mampu memberikan 4 assist kepada rekan satu timnya. Alhasil, beberapa pendukung yang mengkritisi cara bermain Fred mulai berkurang.

Maklum, kala bermain di bawah asuhan Solskjaer, Fred kerap melakukan kesalahan yang tidak perlu. Fred seringkali kehilangan bola dan salah memberikan umpan. Sehingga, kubu MU menjadi dirugikan atas kesalahan yang dibuat Fred.


2. Jadon Sancho

Foto: 5 Pemain Manchester United yang Harus Tingkatkan Kinerja di Tahun 2022
Perbesar
Jadon Sancho - Kehadiran mantan bintang Bundesliga di Old Trafford sejauh ini belum terlihat istimewa. Sancho baru mencetak dua gol dari 22 pertandingan di semua kompetisi. Kedatangan pelatih baru Ralf Rangnick diharapkan bisa mengeluarkan kemampuan pemain timnas Inggris tersebut. (AP/Alberto Saiz)

Kedatangan Jadon Sancho pada bursa transfer musim panas lalu membuat secercah harapan bagi Setan Merah. Sancho dinilai dapat menjadi jawaban atas minimnya jumlah gol yang dicetak oleh MU.

Namun, ekspektasi yang begitu tinggi tersebut tampaknya tak sesuai realita yang ada. Permainan Sancho di awal musim cenderung flop dan sulit untuk beradaptasi.

Hingga akhirnya datang sosok Rangnick yang mencoba mengubah peran Sancho di lini serang MU. Walau tak langsung berhasil, tetapi performa Sancho mulai meningkat secara perlahan.

Bila ditengok dari tujuh penampilan terakhirnya, Sancho berhasil mencetak 2 gol dan 2 assist bersama MU. Di sisi lain, kepercayaan diri pemain berusia 21 tahun itu mulai terbangun dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi Setan Merah.


3. Paul Pogba

Paul Pogba - Manchester United (MU)
Perbesar
Gelandang Manchester United atau MU Paul Pogba dalam pertandingan Liga Inggris melawan Aston Villa di Old Trafford, Sabtu, 25 September 2021. (AP Photo/Jon Super)

Selanjutnya ada gelandang sensasional MU Paul Pogba yang sukses tampil apik di bawah asuhan Rangnick. Pemain berpaspor Prancis itu berhasil menyihir lapangan tengah kala kembali dari cedera yang diderita.

Hal itu dibuktikan dalam beberapa pertandingan terakhir yang dilakoni bersama Setan Merah. Pogba mampu memainkan peran sebagai playmaker andal yang rajin menyuplai umpan cantik ke lini depan.

Sehingga, kehilangan Pogba pada akhir musim nanti dapat menjadi kerugian besar bagi Setan Merah. Pasalnya, Pogba hampir kembali ke dalam performa terbaiknya.


4. Scott McTominay

FOTO: Manchester United Menang Besar Atas Leeds United di Old Trafford
Perbesar
Gelandang Manchester United, Scott McTominay, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Leeds United pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (20/12/2020). Setan Merah menang dengan skor 6-2. (Michael Regan/Pool via AP)

Gelandang asal Skotlandia, Scott McTominay memang telah menjadi andalan di lini tengah MU sejak era kepelatihan Solskjaer. Kemampuannya dalam menjaga kedalaman serta membantu penyerangan menjadi alasan McTominay kerap dipercaya untuk bermain sejak menit pertama.

Namun, pasca era kepelatihan dipegang oleh Rangnick, kemampuan McTominay cenderung stabil. Ia sukses beradaptasi dengan strategi yang diberikan dan memainkan peran anyarnya di lini tengah.

Pemain berusia 25 tahun itu diplot untuk selalu mengejar bola kala memasuki lini pertahanan MU dan wajib membantu penyerangan ketika Setan Merah menguasai bola.

Alhasil, kemampuan lengkap yang dimiliki McTominay membuat dirinya selalu dipercaya mengisi posisi gelandang bertahan. Walau terkadang kerap melakukan kesalahan, hal tersebut menjadi fokus Rangnick selanjutnya untuk meningkatkan kualitas McTominay.


5. Bruno Fernandes

Foto: 5 Pemain yang Dianggap Lebih Penting bagi MU daripada Cristiano Ronaldo
Perbesar
Bruno Fernandes adalah salah satu pemain terbaik di Liga Inggris dan bisa dibilang playmaker terbaik di Manchester United saat ini. Ia telah mencetak 7 gol dan 12 assist dalam 29 penampilannya di musim ini. Setan Merah tampak kehilangan ide tanpa Fernandes di lapangan. (AFP/Adrian Dennis)

Sejak didatangkan pada awal 2020 lalu, Bruno Fernandes memang selalu mendapat kepercayaan penuh sebagai pemain utama. Kemampuannya yang mumpuni sebagai seorang gelandang serang menjadikan posisinya tak tergantikan.

Di bawah asuhan Rangnick, Fernandes pun tetap menjadi pilihan utama. Alasannya sederhana, Fernandes memiliki teknik permainan yang mumpuni dan belum ada sosok yang lebih baik dari dirinya.

Dalam 15 pertandingan yang ia mainkan di bawah komando Rangnick, Fernandes sukses mencetak 4 gol dan 5 assist di berbagai kompetisi. Selain itu, Fernandes juga kerap menjadi sosok kunci kemenangan MU dalam beberapa pertandingan terakhir.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya