5 Pesepak Bola Ukraina yang Mengutuk Serangan Rusia, Siapa Saja?

Oleh Dzaky Nurcahyo pada 26 Feb 2022, 00:01 WIB
Diperbarui 26 Feb 2022, 00:01 WIB
Piala Eropa 2020 Ukraina Melawan Inggris
Perbesar
Rusia melakukan operasi militer di Ukraina. lima pesepak bola Timnas Ukraina mengecam aksi keji yang dilakukan Rusia. (Foto: AFP/Pool/Alessandro Garofalo)

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola Ukraina mengecam tindakan brutal yang dilancarkan Rusia. Para pemain berlabel timnas mengutuk invasi militer melalui pesan di media sosial.

Mayoritas dari mereka menyerukan agar seluruh warga Ukraina tetap bersatu. Sebab, Ukraina adalah bangsa yang berdaulat dan berhak atas penghidupan yang layak.

Seperti diketahui, Rusia mulai melakukan serangan terhadap Ukraina usai Presiden Vladimir Putin mengumumkan operasi militer, Kamis (24/2/2022). Pengumuman yang hanya disiarkan di stasiun televisi lokal Rusia itu menjadi tanda dimulainya penyerangan.

Tercatat beberapa kota besar di Ukraina menjadi sasaran militer Rusia. Mulai dari Kota Kiev, Odessa, Kharkiv, Dnipro, dan Kramatorsk dihujani rudal hingga misil yang menyebabkan ledakan besar.

Atas tindakan tidak manusiawi tersebut, pesepak bola asal Ukraina mencoba melawan kekerasan Rusia melalui platform Instagram. Berikut lima pesepak bola yang mengutuk serangan Rusia ke Ukraina yang dihimpun Liputan6.com:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Ruslan Malinovskyi

Ruslan Malinovsky
Perbesar
Pemain Atalanta asal Ukraina, Ruslan Malinovsky, melakukan selebrasi dengan seruan kepada Rusia untuk menghentikan perang. (Twitter/Atalanta)

Penyerang Atalanta, Ruslan Malinovskyi melakukan selebrasi mengejutkan usai mencetak gol di 16 besar Liga Europa. Malinovskyi menunjukkan pesan bertuliskan “Jangan ada perang di Ukraina” ketika mencetak gol bagi Atalanta.

Dalam kemenangan 3-0 atas Olympiakos itu, Malinovskyi sendiri sukses memborong dua gol (66’, 69’). Namun, selebrasi yang mengutuk tindakan Rusia atas Ukraina tersebut ia tunjukkan kala mencetak gol pertamanya.

Tak hanya melalui selebrasi, Malinovskyi turut mengecam tindakan Rusia melalui akun Instagram pribadinya @malinovskyi_18. Ia membagikan ulang beberapa video terkait sikap Ukraina melalui fitur Instagram Story.


2. Oleksandr Zinchenko

Piala Eropa 2020 Swedia melawan Ukraina
Perbesar
Oleksandr Zinchenko melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya ketika pertandingan babak 16 Euro 2020 antara Swedia melawan Ukraina yang berlangsung di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia pada Selasa (29/06/2021). (AP/Pool/Robert Perry)

Bek Manchester City, Oleksandr Zinchenko ikut mengunggah pernyataan yang mengecam tindakan Rusia melalui Instagram pribadinya. Ia mengatakan, Ukraina adalah negara yang berlandaskan hukum dan tidak bisa diganggu seenaknya.

“Negara saya adalah milik Ukraina dan tidak akan ada yang bisa mengambilnya. Kami tidak akan menyerah! Kemuliaan bagi Ukraina,” tulis Zinchenko melalui Instagram pribadinya @zinchenko_96.

Tak hanya menyerukan terkait kedaulatan milik Ukraina, Zinchenko turut melontarkan pernyataan kasar kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia menyumpahi Vladimir Putin agar cepat meninggal dunia dan mati dalam kondisi mengenaskan.

Namun, sumpah serapah yang ia unggah menggunakan fitur Instagram Story tersebut telah dihapus oleh Zinchenko. Tampaknya pernyataan itu adalah bentuk emosi sesaat dari pemain berusia 25 tahun tersebut.


3. Roman Yaremchuk

Roman Yaremchuk
Perbesar
Pemain Atalanta asal Ukraina, Roman Yaremchuk, membagikan foto dirinya tengah mengenakan kaos berlogo Timnas Ukraina. (Foto: Istimewa)

Penyerang Benfica, Roman Yaremchuk, turut memberikan kecaman terhadap pemerintah Rusia. Ia membagikan sebuah foto kala dirinya mengenakan kaos berlogo Ukraina dan menuliskan pesan bahwa Ukraina berhak mendapat kebebasan.

“Saya orang Ukraina dan saya bangga akan hal itu. Meski saat ini saya berada jauh dari rumah, tetapi saya akan mendukung semua orang yang tengah mengalami ketegangan di sana. Mari kita bersatu dan perjuangkan hak milik kita,” tulis Yaremchuk melalui Instagram @r.yaremchuk.


4. Andriy Yarmolenko

Foto: 6 Pesepak Bola Ukraina Terkini yang Merantau di Klub Top Eropa, Zinchenko dan Yarmolenko Kutuk Keras Serangan Rusia
Perbesar
Andriy Yarmolenko. Pemain sayap berusia 32 tahun ini kini sedang menjalani musim ke-4 bersama West Ham United di Liga Inggris. Pemilik 106 caps bersama Timnas Ukraina ini telah tampil dalam 75 laga di semua ajang kompetisi dengan torehan 11 gol dan 7 assist. (AFP/Pool/Michael Regan)

Selain Yaremchuk, Andriy Yarmolenko juga menyerukan hal serupa. Penyerang West Ham United itu mengungkap seluruh warga Ukraina harus bersatu guna menghadapi situasi yang ada.

Sebab, Ukraina adalah negara merdeka yang menjunjung tinggi rasa hormat dan nilai-nilai kemanusiaan. “Pilihan kami adalah Ukraina Eropa. Kami adalah bangsa yang kuat, kami berada di tanah kami dan kebenaran ada di belakang kami!,” tulisnya melalui Instagram @yarmolenkoandrey.


5. Taras Stepanenko

FOTO: Ukraina Tembus Perempat Final Euro 2020 Usai Taklukkan Swedia
Perbesar
Pemain Swedia Emil Forsberg (kanan) dan memperebutkan bola dengan pemain Ukraina Taras Stepanenko pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Hampden Park, Glasgow, Selasa (29/6/2021). Ukraina menang 2-1. (AP Photo/Andy Buchanan, Pool)

Gelandang Shakthar Donetsk, Taras Stepanenko, mengalami langsung kejadian yang dilancarkan oleh Rusia sejak kemarin. Sebagai pemain yang berlaga di Liga Ukraina, Stepanenko hanya berharap ketegangan ini bakal usai.

Ia yakin semua akan baik-baik saja jika seluruh warga Ukraina tetap bersatu pada pilihan yang serupa. “Tidak ada perang di Ukraina! Kami akan berdiri sesuai hak kami dan saya percaya semua baik-baik saja,” tulis Stepanenko melalui akun Instagram @tarasstepanenko.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya