Sukses

Amalan dan Doa Jumat Terakhir di Bulan Rajab agar Mendapat Kedudukan Mulia

Selain amalan, umat muslim sebaiknya juga banyak membaca doa di Jumat terakhir bulan Rajab

Liputan6.com, Jakarta Bulan Rajab adalah bulan yang sangat istimewa. Bulan ini diyakini sangat dimuliakan Allah SWT. Bahkan, sebagian hadits riwayat ad-Dailami menyebutkan Rajab adalah bulannya Allah (syahrullah).

Kemuliaan bulan Rajab tertuang dalam surat At-Taubah ayat ke 36. Yang artinya “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah adalah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram.”(Qs At-Taubah:36).

Karena itu, para ulama menganjurkan untuk memperbanyak doa, puasa, sedekah, berdzikir dan amalan lainnya di bulan Rajab.

Apalagi, tepat hari ini, Jumat 25 Februari 2022 merupakan hari Jumat terakhir di bulan Rajab. Di waktu ini pun ada amalan yang sebaiknya dilakukan umat muslim

Dilansir dari NU Online, salah satu amalan yang diriwayatkan para solihin adalah membaca: Ahmad Rasulullah Muhammad Rasulullah, atau yang artinya: "Ahmad utusan Allah, Muhammad utusan Allah."

Amalan tersebut dibaca saat khatib menyampaikan khutbah kedua sebanyak 35 kali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan

Adapun keutamaannya adalah agar di sepanjang tahun rezeki dan uang yang kita miliki tidak habis untuk memenuhi segala kebutuhan.

Dilansir dari Kitab Al-Fawaid Al-Mukhtarah Hal.445, Al Habib Ali Bin Hasan Baharun menulis keterangan dari gurunya Al-Habib Zain bin Ibrahim sebagai berikut:

"Faidah. Agar uang tak kunjung habis di sepanjang tahun (dianjurkan) membaca amalan ini sebanyak 35 kali di akhir Jumat bulan Rajab saat khutbah kedua, yaitu 'Ahmad Rasulullah Muhammad Rasulullah'. Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan terbukti berhasil." (al-Habib Ali bin Hasan Baharun, al-Fawaid al-Mukhtarah, hal.445)

3 dari 3 halaman

Doa

Selain amalan, umat musim juga disarankan untuk memanjatkan doa pada malam 27 Rajab. Menurut Imam Bin Abdul Wahid An Nazhifiy mengatakan jika membaca doa malam 27 Rajab niscaya akan dikabulkan doa umatnya.

Selain itu juga mereka yang membaca doa ini kedudukannya akan diangkat dan hatinya akan ditenangkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.