Sukses

Barcelona dan Napoli Minta Rusia Hentikan Perang Melawan Ukraina

Barcelona dan Napoli satu suara mengenai perang Rusia-Ukraina dan menyuarakan pendapat mereka jelang duel Europa League 2021/2022.

Liputan6.com, Jakarta Serangan yang dilancarkan Rusia terhadap Ukraina telah memicu reaksi dari berbagai pihak, termasuk kesebelasan Barcelona dan Napoli yang tampil di ajang Europa League 2021/2022. Kedua tim sama-sama meminta agar peperangan yang tengah berkecamuk di Eropa Timur itu segera dihentikan.

Dilansir dari Football Espana, pesan itu disuarakan sebuah spanduk bertuliskan "Stop War" yang dibentangkan sebelum playoff leg kedua babak 16 besar di Stadion Diego Armando Maradona, Jumat (25/2/2022). Prosesi ini berlangsung sebelum kick off dimulai dan diikuti oleh pemain kedua tim. 

Seperti diketahui, Rusia tengah melancarkan serangkaian serangan ke sejumlah wilayah Ukraina. Korban jiwa mulai berjatuhan dan serangan sepertinya belum menunjukkan tanda-tanda berhenti. 

Serangan pertama dilancarkan pada Kamis (24/2/2022) atas perintah Presiden Rusia, Vladimir Putin. Putin beralasan terpaksa mengambil langkah operasi militer untuk merespons permintaan bantuan dari kelompok separatis di Ukraina Timur. (Simak berita selengkapnya pada tautan ini). 

Puluhan orang dikabarkan telah meninggal akibat invasi ini. Ratusan ribu lainnya memutuskan mengungsi dan meninggalkan Ukraina demi alasan keselamatan. Putin juga telah mengancam negara-negara lain agar tidak mencampuri pertikaian mereka dengan Ukraina. 

Kecanaman terhadap perang Rusia-Ukraina tidak hanya datang dari pejabat sejumlah negara. Kalangan olahragawan juga ikut bereaksi. UEFA bahkan berniat memindahkan final Liga Champions 2021/2022 dari St Petersburg sebagai bentuk penolakan terhadap serangan yang dilakukan Rusia ke Ukraina. 

Sementara sejumlah tim juga mengirimkan pesan yang sama lewat baju dan petisi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Barcelona Lolos

Di kota  Naples, Barcelona berhasil memetik kemenangan 4-2 atas tuan rumah Napoli. Hasil ini sekaligus mengantar Barca ke babak 16 besar Liga Europa 2021/2022 dengan agregat 5-3. 

Empat gol Barca dicetak Jordi Alba (8'), Frankie de Jong (13'), Gerard Pique (45'), dan Pierre Emerick Aubameyang (59'). Sementara dua gol Napoli dicetak Lorenzo Insigne (23') dan Matteo Politano (87')

Barcelona berhasil mengantongi tiket ke babak 16 besar Europa League 2021/2022 setelah di leg pertama bermain imbang dengan skor 1-1. Barcelona terpaksa bermain di level ini setelah setelah gagal menembus babak penyisihan Liga Champions musim ini. 

Simak juga daftar tim yang lolos ke babak 16 besar Europa League 2021/2022

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Daftar Tim yang Lolos ke 16 Besar

Lolos sebagai juara grup

West Ham United (Inggris)

Olympique Lyon (Perancis)

AS Monaco (Perancis)

Bayer Leverkusen (Jerman)

Eintracht Frankfurt (Jerman)

Spartak Moscow (Rusia)

Red Star Belgrade (Serbia)

Galatasaray (Turki)

 

---

Lewat Playoff

RB Leipzig (Jerman)

Atalanta (Italia)

Barcelona (Spanyol)

Porto (Portugal)

Sevilla (Spanyol)

Real Betis (Spanyol)

Braga (Portuga)

Rangers (Skotlandia)  

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.