Sukses

NTB Siapkan Atraksi Budaya Lokal Selama Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika

NTB akan menyiapkan atraksi budaya dan kesenian lokal selama perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat akan menyuguhkan atraksi budaya dan kesenian lokal selama berlangsungnya MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 18 hingga 20 Maret 2022. 

“Selama perhelatan MotoGP, penonton akan disuguhi berbagai pentas seni budaya lokal dan nasional,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi dilansir dari antaranews.com pada Kamis (24/2). 

Sejumlah titik akan disiapkan untuk menjadi lokasi pertunjukan selama perhelatan MotoGP 2022. Di antaranya Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjin (BIZAM), areal dalam sirkuit, kawasan Beach Park di Mandalika, eks BKLN Bizam, Taman Sangkareang di Kota Mataram dan kawasan wisata Senggigi di Kabupaten Lombok Barat. 

“Untuk BIZAM sebagai penyambutan tamu kita akan suguhkan dengan atraksi-atraksi kesenian, sedangkan di areal sirkuit itu nanti diisi beberapa band lokal dan band nasional. Termasuk juga akan ada tarian kolosal serta atraksi peresean,” ujarnya. 

Dia juga menambahkan untuk band nasional akan difasilitasi oleh ITDC selaku panitia yang mengurus. 

Tak hanya budaya dan kesenian lokal NTB yang akan ditampilkan selama perhelatan MotoGP, juga terdapat festival kuliner dan food truck. Itu juga merupakan salah satu kegiatan pameran UMKM yang berlokasi di Taman Sangkareang, Kota Mataram. 

“Ini nanti disiapkan dan difasilitasi Kemenparekraf,” ujarnya pada Kamis (24/2).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesempatan Bagi Pelaku Budaya dan Kesenian

Adanya suguhan atraksi budaya, kesenian, dan kuliner Nusa Tenggara Barat akan menjadi kesempatan bagi para pelaku budaya dan kesenian untuk dapat mengangkat dan mempromosikan budaya dan kesenian lokal agar dapat semakin dikenal luas oleh masyarakat nasional dan internasional. 

“Jadi ini kesempatan kita untuk mempromosikan daerah kota di tingkat nasional dan internasional. Oleh karena itu kita harus berikan apresiasi,” ucap Yusron. 

3 dari 4 halaman

Jadwal MotoGP 2022

Balapan motor Internasional yang akan dilaksanakan di Lombok telah mendapatkan nama resmi yaitu Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Sebelum memulai pertandingan MotoGP yang sesungguhnya, seluruh pembalap sudah melalui Tes Pramusim pada 11-13 Februari lalu di Sirkuit Mandalika. 

Rencanya, MotoGP 2022 akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika pada tanggal 18 hingga 20 Maret 2022. 

Penulis: Jesslyn Koesman

4 dari 4 halaman

Infografis MotoGP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.