Sukses

Ketua PSSI Yakin Timnas Indonesia Dapat Bersaing di Kualifikasi Piala Asia 2023

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan optimis Indonesia bisa lolos ke putaran utama Piala Asia 2023 di Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru saja mengumumkan hasil undian Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (24/2/2022). Undian yang digelar secara virtual tersebut menyatakan Timnas Indonesia bakal tergabung ke dalam Grup A.

Timnas Indonesia tercatat akan saling sikut dengan Kuwait, Yordania, dan Nepal di Grup A. Adapun pertandingan di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 bakal dihelat mulai 8-14 Juni 2023 mendatang di Kuwait.

Meski bertemu lawan yang cukup berat, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku tetap optimis. Ia percaya anak asuh Shin Tae-Yong tersebut mampu bersaing dan menunjukkan kualitas terbaiknya.

"Kami yakin dapat bersaing di Grup A meski lawan yang kita hadapi bukan lawan-lawan yang enteng,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

“Pemain harus bekerja keras, fokus dan berjuang demi lolos ke Piala Asia 2023 di Tiongkok. Apalagi Indonesia sudah lama tidak lolos ke Piala Asia,” tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencari 11 Tim Terbaik

Kualifikasi Piala Asia 2023 akan meloloskan 11 negara ke kompetisi utama. Juara grup dan lima runner-up terbaik dari Grup A hingga F yang bakal mendapatkan jatah slot tersebut,

Disisi lain, sudah ada 13 negara di Asia yang memastikan satu tempat di putaran utama Piala Asia 2023. Mereka adalah China, Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia, Iran, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Irak, Oman, Vietnam, dan Lebanon.

3 dari 3 halaman

Satu Dekade Absen

Timnas Indonesia sendiri sudah lama absen dari ajang Piala Asia. Tercatat, Timnas Indonesia terakhir kali berpartisipasi di ajang ini 15 tahun silam, tepatnya pada Piala Asia 2007.

Saat itu, langkah skuad Garuda harus terhenti di Grup D Piala Asia 2007. Timnas Indonesia gagal melenggang ke fase berikutnya usai mengalami dua kekalahan dan hanya bisa merebut satu kemenangan.

Hal serupa juga terjadi kala Timnas Indonesia berpartisipasi di ajang Piala Asia 1996, 2000, dan 2004. Timnas Indonesia tercatat selalu terhenti langkahnya di babak grup dan belum pernah berpartisipasi di babak 8 besar Piala Asia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.