Sukses

Tim Putri Bulu Tangkis Juara Kejuaraan Beregu Asia 2022, Ketum KONI Pusat: Indonesia Bangga!

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan selamat atas capaian tim putri bulu tangkis Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan selamat atas capaian tim putri bulu tangkis Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2022.

Tim putri menaklukkan Korea Selatan 3-1 di Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia, Minggu (20/2/2022). Ini adalah gelar pertama sepanjang sejarah Indonesia di nomor dan ajang tersebut.

“Selamat kepada tim nasional bulu tangkis putri Indonesia yang telah berhasil meraih juara Badminton Asia Team Championships (BATC) 2022,” ujar Marciano Norman pada keterangan pers.

“Usaha dan kerja keras para patriot olahraga prestasi, baik itu atlet, pelatih, ofisial dan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah berhasil membuat bendera Merah Putih berkibar dengan diiringi berkumandangnya lagu Indonesia Raya."

"Hal tersebut membuat masyarakat Indonesia bangga. Selaku Ketua Umum KONI Pusat saya mengucapkan terima kasih,” sambung Marciano.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Poin Pembuka dari Kapten

Tim putri Indonesia menjadi kampiun di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022. Skuad Garuda menang 3-1 atas Korea Selatan pada laga final di Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia.

Kemenangan tim putri Indonesia dipastikan oleh Lanny Tria Mayasari/Nita Violina Marwah. Ganda putri kedua itu mengalahkan pasangan Korea Selatan Kim Min Ji/Park Min Jeong 23-11 dan 21-11 dalam waktu 32 menit di partai keempat.

Melawan Korea Selatan di partai puncak Kejuaraan Beregu Asia 2022, poin pertama Indonesia disumbang Gregoria Mariska Tunjung. Tunggal putri nomor satu Indonesia tampil dominan untuk menang 21-9 dan 21-10 atas Sim Yu Jin dalam waktu 26 menit.

3 dari 4 halaman

Sempat Disamakan

Korea Selatan dapat menyamakan skor setelah memenangkan partai kedua. Ganda putri Baek Ha Na/Seong Seung mengalahkan pasangan Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi lewat rubber game 21-15, 14-21, dan 21-14.

Indonesia kembali unggul setelah memenangkan partai ketiga. Tunggal putri kedua Indonesia Putri Kusuma Wardani menumbangkan Lee Se Yeon dengan dua game langsung 21-10 dan 21-18 dalam waktu 37 menit.

Hingga akhirnya, kemenangan Indonesia dipastikan ganda putri Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari. Turun di partai keempat, pasangan ini Kim Min Ji/ Park Min Jeong.

Dengan keunggulan 3-1 untuk Indonesia, partai kelima yang akan mempertemukan tunggal putri Widjaja Stephanie melawan Lee Seo Jin tidak perlu dimainkan.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.