Sukses

Bola Ganjil: Gemar Membela Klub Beridentitas United

United merupakan salah satu nama populer bagi klub-klub sepak bola Inggris. Meski para City, Rovers, Town, Albion, hingga Wanderers juga bertebaran, klub dengan identitas United seakan memiliki prestise lebih dibanding yang lain.

Liputan6.com, Jakarta - United merupakan salah satu nama populer bagi klub-klub sepak bola Inggris. Meski para City, Rovers, Town, Albion, hingga Wanderers juga bertebaran, klub dengan identitas United seakan memiliki prestise lebih dibanding yang lain.

Bisa ditebak siapa United paling kondang. Manchester United (MU) bahkan menjadi salah satu klub dengan jumlah suporter terbanyak di seluruh dunia.

Setan Merah meraup pendukung dari berbagai penjuru muka bumi berkat keberhasilan merebut trofi serta diperkuat banyak pemain bintang.

Padahal MU bukanlah pionir terkait identitas Uniited. Adalah Sheffield United yang mencatatkan 'United' pertama pada 1889. Padahal MU berdiri 11 tahun sebelumnya, tapi kala itu masih bernama Newton Heath.

Lalu dari berlimpahnya klub bernama United, siapa pemain yang paling banyak membela mereka?

Ada beberapa tenar yang membela tiga United, yakni Rio Ferdinand (West Ham, Leeds, Manchester), Alan Smith (Leeds, Manchester, Newcastle), hingga Teddy Sheringham (Manchester, West Ham, Colchester).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7 United

Namun, jika tidak terbatas profesional, Jefferson Louis patut dikedepankan. Sosok berkebangsaan Dominika tersebut membela tujuh United sepanjang kariernya.

Daftarnya mencakup Thame, Aylesbury, Oxford, Maidenhead, Hayes & Yeading, Banbury, dan Chesham. Louis bahkan berpotensi menambah jumlah tersebut.

Pasalnya, meski sudah berusia 42 tahun, dia masih aktif bermain. Saat ini Louis memperkuat North Leigh yang bermain di Divisi VII.

3 dari 4 halaman

Imre Varadi

Ada nama lain yang hampir menyamai torehan Louis. Imre Varadi membela enam United, beberapa bahkan klub papan atas. Mereka adalah Sheffield, Newcastle, Leeds, Oxford, Rotherham, dan Scunthorpe.

Varadi bahkan seharusnya menyamai torehan Louis. Sayang, meski sempat berseragam Boston United, kontraknya diputus ketika dirinya belum sempat bermain.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.