Sukses

3 Pemain yang Patut Diwaspadai Tim Putri Indonesia di Final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022

Simak tiga pemain Korea Selatan yang perlu diwaspadai tim putri Indonesia di final Badminton Asia Team Championships 2022!

Liputan6.com, Jakarta - Tim badminton putri Indonesia sukses menorehkan prestasi baru dengan melaju ke final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022. Hasil ini diperoleh Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan tanpa perlu memeras keringat, setelah skuad Jepang yang dijadwalkan bersua dengan Merah Putih di empat besar memilih mundur jelang pertandingan.

Skuad Garuda putri selanjutnya harus menghadapi perlawanan Korea Selatan yang sukses menekuk wakil Malaysia dengan 3–0 tanpa balas. Laga puncak ini dihelat di Setia City Convention Centre, Selangor, Minggu (20/2/2022) pagi WIB.

Pasukan Merah Putih sejatinya sudah sempat mengalahkan Korea Selatan di babak penyisihan Grup Badminton Asia Team Championships edisi ini. Namun, catatan itu tak menjadi jaminan Indonesia bakal merebut gelar dengan mudah.

Pasalnya, wakil dari Negeri Ginseng kemungkinan bakal melancarkan upaya revans untuk membalas hasil minor di fase grup. Berikut tiga nama pemain Korea Selatan yang patut diwaspadai tim bulu tangkis Indonesia di final Kejuaraan Beregu Asia 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sim Yu-jin

Dari sejumlah penggawa tunggal putri yang diturunkan Korea Selatan di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022, Sim Yu Jin menempati peringkat BWF tertinggi. Ia tercatat bertengger di posisi 49 dunia.

Tak heran jika pebulu tangkis berusia 22 tahun ini kerap menjadi tumpuan Korea Selatan ketika menghadapi laga-laga penting, seperti pertandingan kontra Hong Kong, Indonesia, dan Malaysia.

Tunggal putri andalan Skuad Garuda, Gregoria Mariska Tunjung, sejatinya lebih unggul di atas kertas ketimbang Sim Yu Jin. Selain punya ranking lebih tinggi, Gregoria juga sempat menekuk wakil Negeri Ginseng ini dengan straight game di fase penyisihan.

Meski demikian, Sim Yu Jin tak bisa dipandang sebelah mata. Ia berhasil membuktikan kualitasnya ketika menghadapi pebulu tangkis Malaysia, Kisona Selvaduray, di semifinal.

Tak menemui kesulitan berarti, Sim Yu Jin menang 21–16 dan 21–17 atas tuan rumah. Performa apiknya membuat sang pemain layak diperhitungkan di partai puncak Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022.

3 dari 6 halaman

Baek Ha-na/Seong Seung-yeon

Baek Ha Na dan Seong Seung Yeon layak disebut sebagai ganda putri paling solid milik Korea Selatan di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022. Dari total tiga pertandingan yang dilakoni sebagai pasangan, duo ini tak sekali pun menuai kekalahan.

Mereka juga sanggup menuntaskan perlawanan wakil Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma dan Amalia Cahaya Pratiwi lewat dua game langsung: 22–20, 21–19.

Performa gemilang keduanya terus berlanjut hingga semifinal. Berhadapan dengan wakil tuan rumah Tan Perly / Valeree Siow, ganda putri asal Negeri Ginseng itu kembali mengemas kemenangan straight game, 21–15 dan 21–14.

4 dari 6 halaman

Lee Se-yeon

Lee Se Yeon menjadi tunggal putri lain yang patut diwaspadai Skuad Garuda di babak final. Meski lebih sering ditempatkan di pos kedua, Lee Se Yeon berhasil mencatatkan rekor tak terkalahkan sepanjang berlaga di Badminton Asia Team Championships edisi ini.

Kemenangan pertama diraih Lee Se Yeon dalam pertandingan kontra Kazakhstan. Pebulu tangkis Korea Selatan itu berhasil menyudahi perlawanan, usai unggul 21–7 dan 21–12.

Tren positif kembali berlanjut ketika skuadnya menghadapi Hong Kong di laga kedua. Lee Se Yeon menyumbang poin ketiga bagi tim Negeri Ginseng lewat drama rubber game, 21–17, 19–21 dan 21–13.

Setelahnya, Se Yeon terus merebut kemenangan, dengan skor masing-masing 21–16 dan 21–19 saat melawan Putri Kusuma Wardani (Indonesia) serta 21–11, 15–21, dan 21–13 kala menghadapi Siti Nurshuhaini (Malaysia).

5 dari 6 halaman

Infografis

6 dari 6 halaman

Infografis 2

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.