Sukses

5 Pemain Indonesia Paling Menjanjikan di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022

Tak pernah kalah di laga penyisihan grup, ini lima nama pemain bulu tangkis Indonesia yang paling menjanjikan di Badminton Asia Team Championship 2022

Liputan6.com, Jakarta Skuad bulu tangkis Indonesia akan segera menghadapi semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. Turnamen yang digelar tiap dua tahun sekali ini dihelat di Selangor, Malaysia, mulai 15–20 Februari 2022.

Sejauh ini, Pasukan Merah Putih telah mencatatkan penampilan gemilang meski hanya diperkuat darah muda. Tim putra dan putri Indonesia berhasil merengkuh predikat juara grup, usai menumbangkan lawan-lawannya di fase penyisihan.

PBSI memang diketahui sengaja menurunkan sejumlah wajah baru dalam Badminton Asia Team Championship edisi ini. Tujuannya tak lain untuk memberi kesempatan bagi para pemain junior mengecap pertandingan di kejuaraan beregu.

Di sisi lain, keputusan tersebut juga merupakan bagian dari kebijakan PBSI yang ingin mengorbitkan pebulu tangkis muda di turnamen besar.

Gregoria Mariska Tunjung dan Chico Aura Dwi Wardoyo merupakan pebulu tangkis paling tua yang turun di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. Keduanya sukses menyumbang poin demi poin dan memastikan tempat bagi Indonesia di semifinal.

Bersama mereka, tampil pula sejumlah pemain muda yang memiliki catatan apik. Beberapa di antaranya bahkan tak sekali pun mendulang kekalahan selama bermain di babak penyisihan.

Simak lima nama pebulu tangkis Indonesia  paling menjanjikan dan layak dijadikan tumpuan di Badminton Asia Team Championship 2022!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Nama Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin nampaknya sudah tak asing di telinga para penggemar bulu tangkis Indonesia. Meski baru berusia 20 tahun, pemain yang berada di bawah naungan PB Djarum ini kerap tampil di level senior.

Sebelum memperkuat Skuad Garuda dalam Badminton Asia Team Championship, Leo/Daniel telah dipercaya bergabung dalam tim bulu tangkis Indonesia untuk Thomas Cup 2020. Keduanya membantu Merah Putih menaklukkan Aljazair di laga penyisihan Grup A. setelah menang straight game 21–3 dan 21–11 atas wakil lawan.

Leo/Daniel kembali mendulang prestasi lewat turnamen Super 500, Hylo German Open 2021. Pasangan ini melaju ke babak final setelah mengalahkan rekan senegaranya di empat besar. Sayangnya, Leo/Daniel harus puas meraih runner up lantaran ditundukkan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon pada laga pemungkas.

Di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu, duo yang dijuluki The Babies ini kian menunjukkan performa gemilang. Dari tiga pertandingan yang dilakoni dalam fase penyisihan grup, Leo/Daniel selalu menang straight game atas lawannya. Terbaru, pasangan ini mengantar Indonesia menjadi juara Grup A, usai menumbangkan wakil India dengan 21–16 dan 21–10.

3 dari 7 halaman

2. Lanny Tria Mayasari

Lanny Tria Mayasari menjadi pemain ganda putri yang dipercaya memperkuat Indonesia di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. Gadis kelahiran 8 Mei 2002 ini telah tiga kali menyumbang angka bagi Indonesia dari total tiga laga penyisihan Grup Z.

Menariknya, kemenangan tersebut diraih Lanny dengan tandem yang berbeda. Dalam pertandingan kontra Hong Kong dan Kazakhstan, Lanny berpasangan dengan Jesita Putri Miantoro. Keduanya unggul 12–21, 21–14, dan 21–19 atas Hong Kong, serta menang 21–6 dan 21–5 dari Kazakhstan.

Sementara itu di laga melawan Korea Selatan, Lanny diturunkan bersama Nita Violina Marwah. Pasangan ini kembali mendulang poin usai menaklukkan wakil dari Negeri Ginseng dengan straight game, 21–18 dan 22–20.

4 dari 7 halaman

3. Gregoria Mariska Tunjung

Selain jadi pemain putri paling tua, Gregoria Mariska Tunjung juga diberi mandat untuk menjadi kapten tim di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. Ia diturunkan di partai pertama dalam laga kontra Hong Kong dan Korea Selatan.

Tampil tanpa cela, pebulu tangkis berusia 22 tahun itu sukses menunjukkan kualitasnya sebagai senior. Gregoria menang 21–16 dan 21–12 kala berhadapan dengan tunggal putri Hong Kong, Cheung Ying Mei. Ia kembali menduplikasi penampilan apiknya ketika bersua dengan Sim Yujin di laga pemungkas penyisihan Grup Z.

5 dari 7 halaman

4. Christian Adinata

Christian Adinata merupakan tunggal putra muda yang layak diperhitungkan di Badminton Asia Team Championship 2022. Nama Christian makin melambung, usai dirinya menjadi penentu kemenangan Skuad Garuda dalam laga kontra Korea Selatan, Kamis (17/2/2022).

Kala itu, Indonesia harus rela berbagi poin 2–2 dengan Negeri Ginseng lantaran Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay takluk oleh lawan.

Christian Adinata lantas turun menghadapi Jeong Min Sun di partai kelima. Sempat tertinggal 3–11 di game pertama, pemain kelahiran 2001 itu sukses menyegel kemenangan lewat drama rubber game 21–19, 11–21, dan 21–17.

Sebelumnya, Christian Adinata juga sempat turun di pos ketiga tunggal putra dalam laga perdana kontra Hong Kong. Ia berhasil mengemas kemenangan dengan straight game, 21–15 dan 21–14. Dengan demikian, Christian memiliki catatan dua kemenangan dan tanpa kekalahan sepanjang babak penyisihan grup Badminton Asia Team Championship 2022.

6 dari 7 halaman

5. Stephanie Widjaja

Mirip dengan Christian, Stephanie Widjaja juga menjadi penentu kemenganan skuad putri bulu tangkis Indonesia ketika menghadapi Korea Selatan. Stephanie sukses menyudahi perlawanan Kim Joo Eun dengan 21–11 dan 21–13, sekaligus mengantar Indonesia merengkuh predikat juara grup.

Stephanie memang dikenal sebagai salah satu pemain menjanjikan di sektor tunggal putri. Pebulu tangkis kelahiran 19 Februari 2003 itu diketahui sempat menempati ranking 1 BWF Junior pada awal tahun lalu. 

7 dari 7 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.