Sukses

5 Darah Muda Indonesia yang Curi Perhatian di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022

Simak lima nama pebulu tangkis Indonesia yang sukses mencuri perhatian di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022 dalam artikel berikut!

Liputan6.com, Jakarta - Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (Badminton Asia Team Championship) 2022 telah memasuki hari keempat pelaksanaan. Sejauh ini, Skuad Merah Putih berhasil tampil maksimal meski hanya diperkuat pemain muda.

Tim putri dan putri Indonesia bahkan sukses merengkuh predikat juara grup.

PBSI memang diketahui sengaja menurunkan darah muda untuk berlaga dalam ajang yang berlangsung di Selangor, Malaysia, pada 15–20 Februari 2022 ini. Hal tersebut dilakukan guna memberi wadah bagi pemain junior untuk mengecap pertandingan di kejuaraan beregu, sekaligus menjadi ajang penilaian dan evaluasi jelang menghadapi Piala Thomas dan Uber.

Gregoria Mariska Tunjung (22 tahun) dan Chico Aura Dwi Wardoyo (23 tahun) menjadi pebulu tangkis tertua yang diturunkan di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. Keduanya mampu menunjukkan kematangan dan menyumbang poin demi poin bagi Indonesia.

Terdapat pula wajah-wajah baru yang kalah senior, tetepi sukses menarik perhatian di turnamen dua tahunan tersebut. Tak hanya tampil apik, beberapa di antaranya bahkan menjadi penentu kemenangan Indonesia di fase penyisihan grup.

Simak lima nama anggota tim bulutangkis Indonesia yang curi perhatian penggemar di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022 pada halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Christian Adinata

Christian Adinata menjadi pemain muda yang tampil gemilang di Badminton Asia Team Championship 2022. Turun di pos ketiga tunggal putra, Christian Adinata sukses mengemas kemenangan atas wakil Hong Kong dengan straight game, 21–15 dan 21–14 dalam laga perdana yang berlangsung pada Selasa (15/2/2022).

Terbaru, Christian juga menjadi penentu kemenangan Skuad Garuda saat menghadapi Korea Selatan di fase penyisihan grup. Kala itu, Indonesia harus rela berbagi poin 2–2 dengan Negeri Ginseng usai Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay takluk oleh lawan.

Christian Adinata lantas turun menghadapi Jeong Min Sun di partai kelima. Sempat tertinggal 3–11 di game pertama, Christian sukses menyegel kemenangan lewat drama rubber game 21–19, 11–21, dan 21–17.

“Tadi di game pertama, masih banyak kesalahan yang tidak perlu dilakukan. Akan tetapi ke pertengahan game, (saya) akhirnya bisa menemukan feel permainan, sehingga jadi bisa mengejar dan bisa menang di game pertama,” ujarnya pasca laga yang berlangsung pada Kamis (17/2/2022).

3 dari 6 halaman

2. Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay

Ikhsan merupakan pebulu tangkis kelahiran Tomohon yang bernaung di bawah PB Djarum. Ia dipercaya memperkuat skuad putra Indonesia dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. Turnamen ini menandai debut sang pemain di ajang beregu level senior.

Ikhsan sukses menumbangkan wakil Hong Kong di laga penyisihan perdana grup A yang berlangsung pada Selasa (15/2/2022). Bermain dramatis, pebulu tangkis 22 tahun ini kalah 16–21 di game pembuka, tetapi membalikkan keadaan hingga unggul 22–20 dan 21–17 di game penentu.

Ia sempat gagal menyumbang angka bagi Indonesia kala menghadapi wakil Korea Kim Joo Wan. Akan tetapi, Ikhsan kembali membuktikan kualitasnya dengan membungkam pebulu tangkis India George Kiran di fase penyisihan grup pada Jumat (18/2/2022).

4 dari 6 halaman

3. Putri Kusuma Wardani

Putri Kusuma Wardani menjadi nama yang layak diperhitungkan di sektor tunggal putri Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. Walau harus mengakui keunggulan lawan kala menghadapi Korea Selatan di fase grup, Putri dianggap sebagai pemain yang cukup stabil.

Ia sempat menyumbangkan poin bagi Indonesia usai menang atas wakil Kazakhstan dan Hongkong. Tampil meyakinkan, Putri menumbangkan lawan-lawannya dengan straight game 21–14, 21–5 (Hong Kong) dan 21–8, 21–7 (Kazakhstan).

Ini bukanlah kali pertama Putri Kusuma Wardani tampil di level senior. Sebelumnya, pemain berusia 19 tahun ini sempat memperkuat Pasukan Merah Putih saat berlaga di Uber Cup 2020. Ia juga bermain pantang menyerah ketika berhadapan dengan pebulu tangkis Denmark, Mia Blichfeldt, di pertandingan Grup C Piala Sudirman 2021.

5 dari 6 halaman

4. Stephanie Widjaja

Nama Stephanie Widjaja kian melambung usai menang atas Korea Selatan dalam laga pemungkas penyisihan Grup Z Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. Stephanie sukses menyudahi perlawanan Kim Joo Eun dengan straight game 21–11 dan 21–13, sekaligus mengantar Indonesia merengkuh predikat juara grup.

Sebelumnya, tunggal putri muda ini juga sempat mematahkan pergerakan Mehta Saloni Samirbhai asal Hongkong di pertandingan yang berlangsung pada Selasa (15/2/2022). Kala itu, Stephanie menang dengan dua game langsung, 21–18 dan 21–13.

Stephani memang dikenal sebagai salah satu pemain menjanjikan di sektor tunggal putri. Pebulu tangkis kelahiran 19 Februari 2003 itu bahkan sempat menempati ranking 1 BWF Junior pada awal tahun lalu.

6 dari 6 halaman

5. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin merupakan pasangan ganda putra Indonesia yang berafiliasi dengan PB Djarum. Meski baru berusia 20 tahun, kedua pemain ini kerap menjadi tumpuan Merah Putih di level senior.

Leo/Daniel diketahui merupakan pemain yang turut membantu Indonesia memenangkan trofi Thomas Cup pada Oktober 2021 lalu. Pebulu tangkis muda ini juga sukses menyabet gelar runner up di Hylo Open 2021, usai takluk dari seniornya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di babak final.

Leo/Daniel sanggup menunjukkan performa gemilang di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. Dari total tiga pertandingan yang dilakoni pada fase penyisihan grup, pasangan ini selalu berhasil mengemas kemenangan dengan dua game langsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.