Sukses

Memukau Bersama Timnas Indonesia, Nilai Transfer Pratama Arhan ke Tokyo Verdy Bikin Elus Dada

Pratama Arhan resmi memperkuat klub J2-League, Tokyo Verdy dengan status bebas transfer

Liputan6.com, Jakarta - Pesepakbola potensial Indonesia, Pratama Arhan telah resmi bergabung dengan kontestan J2-League, Tokyo Verdy, Rabu (16/2/2022). Kabar baik ini langsung diumumkan oleh Arhan melalui akun Instagram pribadi miliknya.

“Sebuah kehormatan bisa mengumumkan kepindahan saya dari PSIS Semarang ke Tokyo Verdy, salah satu tim tersukses dalam sejarah sepak bola Jepang. Saya berjanji akan mengerahkan seluruh kemampuan guna membawa Tokyo Verdy kembali ke J-League,” ujar Arhan.

Nama Arhan sangat mencuri perhatian pada Piala AFF 2020 di Singapura, tahun lalu. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu menjadi salah satu andalan Tim Merah Putih pada turnamen ini. 

Kepiawaiannya tidak hanya membuat pencinta sepak bola Tanah Air bersorak. Aksinya juga tidak luput dari pembahasan media asing. Sayang pada turnamen ini, Indonesia gagal juara setelah di final kalah dari Thailand. Meski demikian, nama Arhan bahkan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020. 

Kepindahan ke Tokyo Verdy tentu menjadi loncatan baru bagi karier Arhan. Hanya saja, kepergiannya dari PSIS ternyata tidak disertai dengan nilai transfer bombastis seperti layaknya bintang.

Pemain yang akrab disapa Arho ini didapatkan secara gratis Tokyo Verdy. Klub yang bermarkas di Tokyo Stadium tersebut tidak memberikan mahar sepeserpun kepada PSIS Semarang selaku klub lamanya.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi mengungkap, memang tidak menerapkan biaya transfer pada kepindahan Arho ke Tokyo Verdy. Menurutnya, hal ini merupakan bentuk komitmen klub dalam mengembangkan karier pemain muda potensial.

“PSIS tidak akan mempersulit karier pemain binaan kami yang akan merumput ke luar negeri, apalagi ke Jepang. Arhan kami lepas tanpa biaya transfer satu rupiah pun,” tulis Yoyok via akun Instagram pribadinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibekali Misi Khusus

Walau kepergian Arhan berstatus bebas transfer, tetapi nampaknya ada kesepakatan tersendiri antara PSIS Semarang dan Tokyo Verdy. Sebab, Yoyok mengatakan, Arhan turut mempromosikan PSIS Semarang di Jepang.

“Selain itu, selama Arhan berkarier di luar negeri, ia akan menjadi brand ambassador PSIS Semarang. Arhan bakal mempromosikan PSIS Semarang di level internasional,” ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Dikontrak Dua Tahun

Selain peran PSIS Semarang, terdapat peran penting Dusan Bogdanovic, selaku agen Arhan dalam kepindahannya ke Tokyo Verdy. Bogdanovic juga turut memberikan ucapan selamat kepada Arhan dan mengungkap durasi kontrak yang diteken Arhan.

“Senang bisa melihat kepindahan Arhan ke Tokyo Verdy. Peraih gelar pemain muda terbaik Piala Menpora dan pemain muda terbaik Piala AFF 2020 ini telah menyepakati kontrak berdurasi 2 tahun,” tulis Bogdanovic di laman Instagram pribadinya.

“Terima kasih kepada PSIS Semarang dan CEO Yoyok Sukawi yang telah memudahkan proses negosiasi ini. Terima kasih juga kepada Tokyo Verdy yang telah memberikan kesempatan bagi talenta muda ini. Semangat Arhan,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini