Sukses

Piala AFF U-23 Bergulir Hari Ini, Pelatih Malaysia: Sayang Sekali Indonesia Harus Mundur

Pelatih Timnas Malaysia U-23, Brad Maloney menyayangkan absennya Timnas Indoensia U-23 di ajang Piala AFF U-23

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Malaysia U-23, Brad Maloney menyayangkan ketidakhadiran skuad Indonesia di ajang Piala AFF U-23. Sebab, Harimau Malaya begitu ingin menjajal kekuatan Timnas Indonesia U-23 di ajang bergengsi ini.

“Sungguh disayangkan Indonesia harus mundur. Kami sebenarnya sudah tidak sabar melawan mereka di ajang ini. Padahal, mereka memiliki banyak pemain muda potensial yang dapat bersinar,” ujar Maloney seperti dilansir Asean Football.

Seperti diketahui, Timnas Malaysia U-23 berada di dalam grup yang sama dengan Garuda Muda. Timnas Malaysia berada di Grup B Piala AFF U-23 bersama Indonesia, Laos, dan Myanmar.

Namun, Timnas Indonesia U-23 terpaksa mundur dari Piala AFF U-23 akibat badai COVID-19 yang melanda skuad Garuda. Tercatat ada tujuh pemain yang dinyatakan positif COVID-19.

Ketujuh pemain itu terdiri dari, Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi. Selain itu, cedera yang dialami Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal turut menjadi alasan lain Timnas Indonesia U-23 untuk mundur.

Disisi lain, Piala AFF U-23 bakal bergulir di Kamboja per hari ini. Empat tim yang menempati Grup A Piala AFF U-23 akan saling sikut untuk meraih poin perdananya di ajang ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Mudah

Meski Garuda Muda telah dipastikan absen di Piala AFF U-23, Maloney mengatakan perjalanan Timnas Malaysia U-23 bukan berarti lebih mudah. Pasalnya, Maloney tidak memiliki banyak informasi terkait lawan yang bakal dihadapi di Grup B Piala AFF U-23.

“Pertandingan pertama kami akan berjumpa Myanmar. Bisa dibilang kami hanya memiliki sedikit data tentang tim ini. Sebab, kami tidak pernah bertemu sebelumnya,” kata Maloney seperti dilansir New Straits Times.

“Sehingga, laga kontra Myanmar yang dihelat esok, Selasa (15/2/2022) dipastikan tidak akan mudah. Saya berharap, pertandingan nanti berlangsung seru dan kompetitif,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Bukan Favorit Juara

Mundurnya Timnas Indonesia U-23 membuat skuad Harimau Malaya diunggulkan di Grup B Piala AFF U-23. Timnas Malaysia U-23 bahkan diprediksi mampu keluar sebagai juara grup.

Namun, Maloney dengan tegas membantah prediksi tersebut. Menurutnya, baik Laos ataupun Myanmar memiliki kesempatan yang sama untuk lolos ke babak selanjutnya.

“Kami bukan favorit. Kami cenderung memanfaatkan turnamen ini sebagai ajang persiapan turnamen berikutnya yang lebih besar (SEA Games dan Piala AFC U-23),” tambah Maloney.

“Saya sendiri tidak yakin mengapa kami bisa disebut sebagai tim favorit. Padahal, kami baru saja akan mengorbitkan para pemain muda di ajang ini,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.