Sukses

Sempat Terhenti Karena Covid-19, IBL 2022 Rencananya Mulai Lagi Awal Maret

IBL Tokopedia 2022 sempat terhenti karena adanya pemain, ofisial dan manajemen yang terpapar Covid-19 akan dimulai kembali awal Maret.

Liputan6.com, Jakarta Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Tokopedia 2022 akan kembali dilanjutkan pada awal Maret setelah sempat dihentikan karena ada peningkatan kasus positif Covid-19 yang dialami oleh pemain, ofisial, dan pihak manajemen. 

“Penyebaran Covid-19 saat ini jauh berbeda atau sangat lebih cepat dibandingkan gelombang sebelumnya. Penundaan kelanjutan ini sesuai dengan prosedur mitigasi yang telah ada pada buku manual IBL untuk utamakan keselamatan pemain,” ujar Junas, Direktur Utama IBL yang dikutip Liputan6.com pada Jumat (11/2/2022). 

IBL memberikan tiga alasan untuk menggelar kembali liga pada Maret. Alasan pertama adalah beberapa pemain dari klub IBL akan membela tim nasional di ajang kualifikasi di Arab Saudi dan Jordania pada 24 hingga 27 Februari 2022. 

Selanjutnya, seri kedua Bandung yakni yang diselenggarakan pada 5 Februari dan awal seri 3 Jojgakarta yakni 10 Februari memiliki jeda waktu yang sempit sehingga keputusan memulai kembali di Maret juga agar memberikan kesempatan kepada pemain dan tim yang terpapar untuk kembali pulih dan dapat tampil di seri berikutnya. 

Alasan ketiga, persiapan format mitigasi kelanjutan seri. Format awal penyelanggaraan IBL Tokopedia 2022 dengan sistem bubble tidak terpusat (berpindah ke kota) dinilai sebagai improvisasi dari format musim 2021 sebelumnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapkan Formula Antisipasi

Sementara itu, manajemen IBL juga perlu waktu mempersiapkan format kelanjutan seri. Berdasarkan rencana awal, melihat keadaan Covid-19 yang sudah kondusif hingga akhir tahun 2021, format IBL kembali dengan sistem seri berpindah kota dan menghadirkan penonton secara terbatas. 

Pilihan ini menjadi pilihan terbaik bagi IBL Tokopedia 2022 agar musim dapat berjalan lebih panjang, suasana yang lebih baik bagi pemain dan beberapa pertimbangan teknis lainnya. 

“Situasi Covid-19 terutama dengan varian Omicron saat ini berbeda. Sehingga langkah menyiapkan formula antisipasi untuk kelanjutan musim semoga menjadi langkah preventis yang tepat dan IBL Tokopedia bangkit hingga selesai di akhir musim dengan baik,” ucap Junas. 

3 dari 3 halaman

Format Gelembung Terpusat

Kompetisi terbesar di Tanah Air membuka opsi untuk melanjutkan kompetisi dengan format gelembung terpusat. Langkah ini menyusul adanya kasus Covid-19 yang semakin tinggi di IBL Tokopedia 2022.

IBL sendiri sudah pernah menerapkan sistem gelembung total pada musim 2021. Tahun lalu kompetisi ini digelar pada dua tempat, yaitu Robinson Cisarua Resort, Bogor, untuk lokasi pelaksanaan musim reguler dan Britama Arena Mahaka Square untuk babak play-off.

“Format bubble (gelembung) terpusat seperti yang pernah IBL lakukan sebelumnya menjadi opsi, terutama di tengaah kembalinya ketidapastian situas Covid-19 belakagan ini,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah yang dikutip pada laman resmi IBL. 

Penulis: Jesslyn Koesman

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.