Sukses

Timnas Indonesia Batal Tampil di Piala AFF U-23, Seperti Ini Pandangan Media Vietnam

Timnas Indonesia batal tampil di Piala AFF U-23 2022 setelah sejumlah pemain dan ofisial terjangkit COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesiadipastikan batal berlaga di Piala AFF U-23. Meski telah mengikuti rangkaian persiapan selama berminggu-minggu, PSSI memutuskan untuk menarik Skuad Garuda dari kejuaraan tersebut.

Dilansir dari Liputan6.com, badai COVID-19 menjadi alasan mundurnya Timnas Indonesia dari Piala AFF U-23 di Kamboja. Terdapat setidaknya tujuh pemain Garuda Muda yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Mereka adalah Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Selain itu, ada pula empat pemain yang masih berada dalam masa inkubasi, yakni Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Menanggapi hal ini, media Vietnam Soha.vn menyebut Indonesia kehilangan peluang untuk menyalip Vietnam di kancah sepak bola Asia Tenggara.

“Tak mau imbang, Indonesia kehilangan kesempatan mengungguli Vietnam di turnamen Asia Tenggara,” tulis Soha.vn dalam headline beritanya yang diunggah pada (11/2/2022).

The Golden Star memang diketahui bertengger di peringkat 98 FIFA, sementara Indonesia berada di posisi 160. Meski demikian, Skuad Garuda hingga kini masih berstatus sebagai sebagai juara bertahan di Piala AFF U-23.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diskusi

Keputusan untuk menarik mundur Skuad Garuda tak diambil secara instan. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sebelumnya telah mengirim surat resmi kepada federasi untuk membatalkan partisipasi anak-anak asuhnya di Piala AFF U-23.

Permintaan Shin Tae-yong direspons oleh PSSI. Usai melalui tahap diskusi, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong akhirnya memastikan Garuda Muda batal berlaga.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami,” ujar Yunus seperti dilansir dari Liputan6.com.

3 dari 3 halaman

Kekurangan Pemain

Tak bisa dimungkiri, pasukan Merah Putih memang kekurangan pemain untuk berlaga di Piala AFF U-23. Pasalnya, selain 11 pemain di atas, terdapat tiga pemain lain yang mengalami cedera usai membela klub di BRI Liga 1. Ketiga nama tersebut adalah Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.

Pembatalan keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 menjadi hal yang amat disayangkan. Apalagi, Indonesia digadang-gadang bakal mempertahankan gelar juara di edisi ini, lantaran materi pemain yang dinilai kuat dan berpengalaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.