Sukses

Neymar Jr Jadi Korban Tuyul Dunia Maya, Rekening Gembos Tanpa Disadari

Neymar Jr tengah menjalani proses pemulihan di kampung halamannya, Brasil.

Liputan6.com, Jakarta Pesepak bola ternama asal Brasil, Neymar Jr menjadi pencurian rekening secara online di negaranya. Pemain Paris Saint Germain (PSG) itu mengalami kerugian hingga 37 ribu euro atau sekitar Rp605 juta.

Seperti dilansir dari AS, Neymar awalnya tidak mengetahui kalau uang di tabungannya berkurang. Dia baru menyadari ada kejanggalan pada beberapa hari lalu. Pemain yang tengah menjalani masa pemulihan di Brasil itupun segera melapor ke pihak berwajib yang segera menangkap pelakunya. 

Belakangan diketahui kalau pencurian itu dilakukan oleh salah seorang pegawai administrasi. Modusnya adalah dengan melakukan transaksi dalam jumlah kecil secara berulang agar tidak terdeteksi. Pelaku yang masih berusia muda tersebut diduga merupakan bagian dari jaringan organisasi kriminal. 

Neymar bukan satu-satunya korban tuyul-tuyul dunia maya. Penipuan perbankan secara online seperti ini belakangan sedang marak di Brasil. Saat menjalankan aksinya, para pelaku biasanya menggunakan password milik mitra bisnis yang tengah melakukan transaksi. Selanjutnya mereka pun leluasa mengakses rekening korbannya sekaligus mengalihkan sejumlah kecil isinya ke rekening lain. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sindikat Kriminal

Pelaku biasanya menggunakan sistem transaksi digital sederhana yang disebut PIX. Saat ini pelaku telah diamankan oleh Departemen Investigasi Kriminal Regional. Unik ini sengaja dibentuk untuk menginvestigasi berbagai aktivitas penipuan seperti ini yang menyasar nasabah sejumlah bank. 

Pelaku diamankan di lingkungan Zona Leste, Sao Paulo, Brasil. Dari hasil pemeriksaan sementara, polisi mendapati kalau pelaku tidak bekerja sendirian. Dia merupakan bagian dari sindikat kriminal. 

 

3 dari 3 halaman

Belum ada Respons

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari Neymar terkait hal ini. Neymar seperti diketahui tengah berada di Brasil untuk menjalani proses pemulihan setelah mengalami cedera di PSG. 

Sejauh ini proses recovery berjalan dengan baik. Diprediksi, mantan pemain Barcelona itu sudah bisa kembali memperkuat PSG saat bertemu Real Madrid di babak 16 Besar Liga Champions pekan depan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.
    Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.

    Neymar Jr

  • Timnas Brasil

  • Neymar

Video Terkini