Sukses

Turunkan Komposisi Aneh saat Manchester City Vs Brentford, Guardiola Beri Penjelasan

Manchester City menang 2-0 atas Brentford pada lanjutan Liga Inggris 2021/2022.

Liputan6.com, Jakarta Duel Manchester City Vs Brentford pada lanjutan Liga Inggris 2021/2022 di Etihad, Kamis (10/2/2022), berakhir dengan kemenangan tuan rumah. Dalam duel ini, The Citizens menang 2-0 lewat gol yang dicetak Riyad Mahrez dari titik putih penalti (40') dan Kevin de Bruyne (69'). 

Kemenangan ini sudah sesuai prediksi banyak pihak. Sejak awal The Citizens yang masih perkasa di puncak klasemen dianggap tidak akan kesulitan mengalahkan tamunya yang tengah melempem. Hanya saja, siapa yang menyangka Pep Guardiola bila menurunkan formasi berbeda dalam laga ini.

Seperti dilansir dari Manchester Evening. perubaham mencolok dilakukan mantan pelatih Barcelona itu di lini pertahanan timnya. Tidak seperti biasa, Guardiola menurunkan tiga center back sekaligus. Sementara Jack Grealish yang menjadi andalan lini tengah City selama ini malah digeser ke bangku cadangan.  

Joao Cancelo menjadi satu-satunya bek sayap yang diturunkan City dalam laga ini. Sementara Kyle Walker yang biasa menempati sisi kanan pertahanan The Citizens juga digeser ke bangku cadangan.

Menghadapi Brentford, Guardiola kembali menurunkan Rodri di lini tengah. Sementara di lini depan, pelatih asal Spanyol itu kembali memberi kesempatan kepada Raheem Sterling. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Guardiola

Lantas apa yang membuat Guardiola menurunkan formasi yang aneh dalam laga ini?

"Kami sudah mencapai bagian terpenting pada musim ini, apa yang telah kami lakukan dalam enam tahun terakhir akan terus kami jalankan. Semua kembali terlibat," ujar Pep Guardiola usai laga.

"Sebagian lebih dari yang lain. Mereka harus bermain lebih dari yang saya pikirkan," bebernya. 

Terkait kualitas Brentford, Guardiola juga sedikit memberi gambaran mengenai pilihan formasinya. 

"Apa yang mereka lakukan, mereka lakukan sangat baik. Hari ini Toney tidak ada di sana sebagai penghubung gelandang tengah. Mereka melakukan dua, tiga tekanan area yang ketat. Ketika Anda tiba di sepertiga garis pertahanan mereka, mereka bertahan bergitu dalam. Sangat sulit menyerang."

 

3 dari 3 halaman

Formasi Manchester City vs Brentford

Manchester City:

Enderson, J Stones, R Dias, A Laporte, J Cancelo, K De Bruyne, Rodri, B Silva, R Mahrez, P Foden, R Sterling

Brentford

David Raya, E Pinnock, P Jansson, K Ajer, R Henry, M Jensen, C Norgaard, F Onyeka, M Roerslev, S Ghoddos, S Canos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini