Barcelona Klub Paling Boros di La Liga dalam Satu Dekade, Bikin Miskin Keuangan Klub

Oleh Defri Saefullah pada 09 Feb 2022, 00:03 WIB
Diperbarui 09 Feb 2022, 00:03 WIB
Foto: Selain Dani Alves, 5 Penampil Terbaik Barcelona saat Mengalahkan Atletico Madrid di Laga Lanjutan Liga Spanyol
Perbesar
Rekrutan anyar Barcelona, Adama Traore benar-benar menjadi monster besar menakutkan bagi lini belakang lawan. Dimainkan sebagai starter, ia mampu mengobrak-abrik pertahanan lawan lewat kecepatan dan gerak kakinya yang sempurna.Traore bahkan mampu mencetak satu assist untuk Barca. (AFP/Josep Lago)

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona mengalami krisis keuangan yang cukup parah dalam satu dekade ini. Kebijakan transfer yang terlalu boros menjadi penyebabnya.

Seperti dilansir Marca, Barcelona menjadi klub dengan pengeluaran transfer terbesar di La Liga dalam satu dekade terakhir. Tak ada klub di La Liga termasuk Real Madrid yang bisa menandingi Barca.

Ini terjadi meski Barcelona juga mencatatkan penjualan pemain termahal sepanjang masa. Barca menorehkan rekor jual untuk Neymar saat dilepas ke PSG.

Namun Presiden Barcelona saat itu, Josep Maria Bartomeu tak mampu menghemat keuangan. Dia menghamburkan uang untuk pembelian pemain yang tak efektif seperti kepada Philippe coutinho dan Ousmane Dembele contohnya.

 


Keempat

Foto: Barcelona Sukses Tekuk Atletico, Real Madrid Semakin Kokoh di Puncak Klasemen Liga Spanyol Lewat Gol Tunggal Asensio
Perbesar
Bek gaek asal Brasil tersebut juga tercatat sebagai pemain tertua keempat yang berhasil mencetak gol di pertandingan Liga Spanyol. (AP/Joan Monfort)

 

Dalam 10 tahun terakhir, Barcelona menjadi klub keempat di dunia yang paling boros di bursa transfer. Tiga klub di atasnya yaitu Manchester United, Manchester City dan PSG.

Meski begitu, Barcelona mengalahkan Arsenal, Juventus, Chelsea dan Real Madrid yang juga dikenal boros. Dalam 10 tahun terakhir, Barca menghabiskan 640 juta euro atau Rp 10,5 triliun, wow!

Bandingkan dengan Real Madrid yang hanya menghabiskan 179 juta euro saja.

 


Lebih Buruk

Foto: Selain Dani Alves, 5 Penampil Terbaik Barcelona saat Mengalahkan Atletico Madrid di Laga Lanjutan Liga Spanyol
Perbesar
Gavi membuat penampilan apiknya dengan membantu timnya mengontrol tempo pertandingan. Remaja 17 tahun tersebut juga mampu mencetak gol kedua sekaligus membawa Barca unggul satu angka lewat sundulannya pada menit ke-21. (AP/Joan Monfort)

 

Seperti disebutkan di awal, Barcelona boros karena membeli pemain yang tak sebagus pemain yang digantikan. Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho misalnya bernilai di atas 100 juta euro.

Keduanya pecahkan rekor transfer klub, tapi tak memberi pengaruh apa-apa kepada klub. Neymar menjadi perangkap bagi Barcelona di era Bartomeu untuk menjadi boros.

Selain transfer mubazir, Barcelona juga membayar gaji beberapa pemain dengan fantastis. Lionel Messi, Luis Suarez dan Gerard Pique misalnya dibayar dengan harga dengan yang sangat tinggi.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya