Sukses

Stafsus Menpora: SIWO Harus Jadi Dewan Pengawas DBON

SIWO diharapkan punya peran penting dalam mengawasi pelaksanaan DBON.

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kemenpora sedang gencar mensosialisasikan DBON (Desain Besar Olahraga Nasional). Pelaksanaan DBON jadi salah satu bahasan di sela-sela Hari Pers Nasional, tepatnya pada Rakernas Seksi Wartawan Olahraga Indonesia (SIWO) PWI di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (7/2/2022). 

Rakernas SIWO juga membahas upaya untuk mengawal dan mengawasi penerapan DBON di tengah-tengah masyarakat. Hal ini sesuai dengan fungsi pers yang juga memiliki fungsi sebagai kontrol sosial. 

DBON itu sendiri adalah program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI yang diharapkan bisa memecahkan kebuntuan soal prestasi olahraga nasional di level dunia. Pasalnya, selama ini hanya cabor bulutangkis yang memiliki program itu, cabor lainnya tidak.

Lewat DBON, Pemerintah membuat pabrik atlet dengan target berprestasi di Olimpiade. Mahfudin Nigara, Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Kemenpora RI yang hadir di lokasi Rakernas SIWO PWI, D'Blitz Hotel, Kendari, mendukung keterlibatan SIWO sebagai pengawas pelaksanaan DBON. 

“SIWO harus punya peran dalam DBON, sebagai dewan pengawas. Ini momen emas untuk SIWO agar bisa berperan dalam mendukung olahraga Indonesia menjadi lebih berprestasi,” kata Nigara. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

DBON

Mahfudin Nigara yang juga anggota dewan penasehat PWI itu juga mengatakan bahwa dukungan SIWO tak hanya bisa diberikan lewat tulisan dan berita yang didistribusikan pada masyarakat, tapi juga dalam bentuk mengawal kebijakan pemerintah daerah dalam mengembangkan olahraga.

“DBON ini dirancang oleh para pakar, dan sudah ada Inpres-nya. Jadi, ini bukan sekedar program. Namun, tentu perlu dukungan total dari pemerintah daerah di Indonesia agar DBON benar-benar bisa diterapkan dan mencapi tujuan yang diinginkan. Di situlah SIWO harus bisa berperan, mengawal kebijakan pemerintah daerah untuk mengembangkan olahraga,” jelas Nigara.

3 dari 3 halaman

Rakernas

"Dunia olahraga kita saat ini bersyukur karena Menpora Zainudin Amali adalah menteri yang sungguh-sungguh paham olahraga. Maka, ketika awal beliau mengatakan akan membuat pabrik atlet, saya merasa takjub. Inilah yang belum pernah disentuh selama ini," lanjut Nigara wartawan olahraga senior.

Rakernas SIWO PWI di Kendari dibuka oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dan dihadiri oleh perwakilan SIWO dari seluruh Indonesia. Dijadwalkan pula pada Selasa (8/2/2022), Menpora Zainudin Amali akan melakukan penandatanganan kerjasama dengan PWI terkait DBON.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.