Sukses

Hadapi Piala AFF U-23, Shin Tae-yong Masih Buta Kondisi Pemainnya

Banyak pemain yang baru bergabung dengan Timnas Indonesia sebelum menghadapi Piala AFF U-23 Kamboja.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia kembali mematangkan persiapan menuju Piala AFF U-23, dengan menggelar latihan di Stadion Gelora Samudra, Bali, pada Senin (7/2/2022) sore.

Sebelumnya, Garuda Muda sempat dihadiahi waktu istirahat selama dua hari, usai melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster). Pemberian vaksin dilakukan di sela-sela pemusatan latihan (TC) pada Sabtu (5/2/2022) lalu.

Dilansir dari situs resmi PSSI, sesi latihan kali ini dipimpin langsung oleh Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama staf kepelatihan U-16 yang terdiri atas kepala pelatih Bima Sakti dan asistennya Markus Horison.

Shin Tae-yong menyebut persiapan pasukan Merah Putih berjalan baik. Meski demikian, ia mengaku belum bisa memastikan kondisi seluruh skuad lantaran adanya beberapa pemain yang baru bergabung usai membela klub di Liga 1.

“(Dalam) latihan hari ini, banyak pemain yang baru bergabung karena habis (melakoni) pertandingan Liga 1. Jadi, sebagian conditioning training dan sebagian latihan dasar saja seperti passing,” kata Shin Tae-yong dalam laman resmi PSSI.

“Jujur, belum tahu (mengenai kondisi pemain), sebagian baru bergabung, belum lengkap, baru pulang dari klub. Jadi (kami) latihan pemulihan saja. Jujur, belum tahu kondisi pemain,” sambung pelatih asal Korea Selatan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimistis

Meski demikian, Shin Tae-yong optimistis anak-anak asuhnya bisa meraih gelar juara di Piala AFF U-23. Menurutnya, ajang ini sekaligus dapat dijadikan wadah persiapan sebelum menyambut SEA Games 2021.

"(Turnamen) Ini menjadi kesempatan pemain muda untuk berkembang, sebagai persiapan (menghadapi) SEA Games 2021,” ujar Shin Tae-yong, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga menegaskan pihaknya telah menargetkan trofi AFF U-23 kepada Garuda Muda. Pasalnya, Indonesia diketahui masih menyandang predikat sebagai juara bertahan di turnamen tersebut.

“PSSI menargetkan juara untuk turnamen AFF U-23 ini. Kita datang ke Kamboja dengan status sebagai juara bertahan. Mayoritas pemain yang akan berlaga nanti adalah mereka yang ikut bermain di Piala AFF 2020 di Singapura,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Piala AFF U-23

Timnas Indonesia akan berlaga di Piala AFF U-23 mulai 14–28 Februari 2022. Pasukan muda Shin Tae-yong dikabarkan tergabung dalam Grup B bersama Laos, Myanmar, dan Malaysia.

Pratama Arhan dan kolega dijadwalkan menghadapi laga perdana kontra Laos pada Selasa (15/2/2022). Selanjutnya, Garuda Muda juga akan bersua dengan Myanmar dan Malaysia pada Jumat (18/2/2022) dan Senin (21/2/2022) mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.