Sukses

Juara Piala Afrika 2021, Presiden Senegal Putuskan Hari Libur Nasional

Presiden Senegal Macky Sall mendeklarasikan 7 Februari sebagai hari libur nasional usai timnas meraih gelar juara Piala Afrika.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Senegal Macky Sall membuat mendeklarasikan 7 Februari 2022 sebagai hari libur nasional setelah tim nasional memenangkan Piala Afrika 2021.

“Presiden Senegal menyatakan bahwa hari ini, Senin (7 Februari) sebagai hari libur nasional menyusul kemenangan brilian yang diraih The Lions,” ungkap stasiun televisi RTS, mengutip keputusan presiden, seperti dilansir Africa News, Senin (7/2/2022) pagi WIB.

Macky memutuskan hal ini berdasarkan banyak pertimbangan. Salah satu faktor utamanya karena kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Timnas Senegal di ajang Piala Afrika.

Seperti diketahui, Timnas Senegal sudah dua kali mengalami kegagalan untuk meraih trofi bergengsi ini. Tercatat, Timnas Senegal gagal meraih podium juara pada Piala Afrika edisi 2002 dan 2019.

Dalam Piala Afrika 2002, Timnas Senegal takluk dari Kamerun usai kalah 2-3 melalui drama adu penalti. Sementara, pada edisi Piala Afrika 2019, Timnas Senegal takluk 0-1 dari Aljazair di partai puncak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Singkirkan Mesir

Kemenangan Timnas Senegal di ajang Piala Afrika 2021 tak diraih dengan mudah. Pasalnya, Sadio Mane dan kolega harus bertemu dengan Mesir di babak final.

Terlebih, Mesir yang notabene telah meraih 7 trofi di ajang Piala Afrika bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukan. Apalagi skuad The Pharaohs dimotori langsung oleh megabintang Liverpool, Mohamed Salah.

Bahkan, duel sengit ini harus berjalan hingga 120 menit lamanya usai hasil imbang 0-0 tak berubah pada waktu normal. Walau begitu, Timnas Senegal sejatinya bisa mencetak gol terlebih dahulu pada menit awal pertandingan usai Singa Teranga dihadiahi tendangan penalti.

Namun, Mane yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal melakukan tugasnya dan memaksa pertandingan harus berakhir dengan adu penalti. Untungnya, dua pemain Mesir gagal mengeksekusi penalti dan membuat Timnas Senegal menang dengan skor akhir 4-2.

3 dari 4 halaman

Disambut Meriah

Usai hasil fantastis yang ditorehkan, Presiden Macky Sall bakal langsung memberikan sambutan hangat kepada seluruh skuad Timnas Senegal. Macky akan menyambut para juara sesampainya dari Kamerun di Dakar, Ibukota Senegal.

Bahkan, demi memberikan sambutan khusus kepada seluruh pemain Timnas Senegal, Macky merelakan jadwal kunjungan kerjanya dibatalkan. Diketahui, presiden berusia 60 tahun ini langsung membatalkan kunjungan kerjanya ke Kepulauan Komoro sesaat mendengar Timnas Senegal meraih juara Piala Afrika 2021.

4 dari 4 halaman

Balas di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Mesir tampaknya akan membalaskan kekalahan partai final ini di laga play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dimana Mesir bakal bertemu Timnas Senegal kembali demi meraih satu tiket ke Qatar.

Pertandingan play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini sendiri bakal dihelat bulan depan. Tepatnya pada 23 dan 29 Maret mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.