Sukses

Menilik Derby Milan dari Kacamata Rayana Djakasurya: Rivalitas Penuh Tekanan Mental

Inter bakal menghadapi Milan dalam Derby della Madonnina yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (6/2/2022) dini hari WIB

Liputan6.com, Jakarta - Duel sengit bakal tersaji antara rival sekota Inter Milan melawan AC Milan dalam laga Serie A yang berlangsung di Giuseppe Meazza pada Minggu (6/2/2022) pukul 00.00 WIB. Pertandingan ini menjadi duel klasik dan penuh sejarah di kancah sepak bola Italia.

Pasalnya, Nerazzurri dan Rossoneri memang telah lama dikenal sebagai kompetitor tangguh bagi satu sama lain. Keduanya pun saat ini tengah bertengger di peringkat tiga besar klasemen sementara Serie A.

Inter berada di posisi puncak dengan torehan 53 poin dan rekor tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir. Sementara itu, Milan menyusul di posisi ketiga setelah mengoleksi 49 poin serta meraih tiga kemenangan dari lima laga sebelumnya.

Pengamat sekaligus komentator legendaris Serie A era 90-an Rayana Djakasurya menilai, Inter dan Milan sejatinya punya kekuatan yang hampir sama. Kedigdayaan dua klub tersebut tak lepas dari sosok pemilik yang berdiri di belakangnya.

“Ini tidak terlepas dari (sosok-sosok) yang punya Inter dan AC Milan. Kedua pemilik dari tim ini adalah orang-orang yang berpengaruh,” ujar Rayana ketika dihubungi oleh Liputan6.com via telepon pada Sabtu (5/2/2022).

“Sampai sekarang, Milan tetap dibina dalam suatu kekuatan, dalam kualitas, begitu pula Inter. Itu menunjukkan bahwa dua warna ini sangat kuat dalam industri mereka. Dua-duanya hampir sama dan mempunyai kekuatan yang sama,” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kepindahan Pemain

Meski punya rivalitas tajam, tak sedikit pemain memutuskan membelot dari Inter menuju AC Milan, maupun sebaliknya. Pada 2021, Halkan Calhanoglu menambah panjang daftar penggawa yang pernah merumput bersama Inter dan Milan.

Pemain berkebangsaan Turki itu resmi berseragam Nerazzuri usai kontraknya habis dengan AC Milan. Ia dikabarkan masih akan memperkuat skuad asuhan Simone Inzaghi hingga 30 Juni 2024.

Ketegangan antara Inter Milan dan AC Milan sempat memanas akibat Calhanoglu. Dalam derby tahun lalu, Calhanoglu melancarkan selebrasi provokatif usai mencetak gol dari titik putih penalti. Lesakan tersebut mengantar Inter bermain imbang 1–1 dengan pesaingnya.

Transfer dan kepindahan pemain sejatinya merupakan hal yang lumrah dalam industri sepak bola. Akan tetapi menurut Rayana, hal itu bisa saja dianggap sebagai tindakan yang menghina oleh para tifosi–golongan penggemar di Italia.

“Kalau ada perpindahan (pemain), biasanya dalam industri dianggap normal. Akan tetapi bagi tifosi, ini adalah pembawa keberkahan yang pindah menjadi pengkhianat. Bisa saja itu (dianggap) sebagai (hal) yang menghina,” ungkap Rayana dalam kesempatan yang sama.

“Memang dari evolusi sepak bola Italia, Inter dan Milan termasuk (skuad) yang bisa digarisbawahi sebagai tim-tim berkualitas. Ambisi mereka tidak bisa diabaikan, dan juga para pemain yang dibeli, yang bercokol di situ,” katanya lagi.

3 dari 5 halaman

Peluang Inter dan AC Milan

Laga yang berlangsung pada dini hari nanti akan menjadi Derby della Madonnina ke-176 yang mempertemukan Inter dan AC Milan. Nerazzurri saat ini unggul dari AC Milan dalam hal jumlah Scudetto. Akan tetapi, Rossoneri dikenal sebagai tim Italia yang paling banyak mengoleksi trofi Liga Champions. Catatan tersebut membuat laga Inter vs Milan menjadi hal yang sulit diprediksi.

“Ada satu hal yang (perlu) digarisbawahi, yakni Inter, dalam klasemen sementara berada di posisi puncak. Akan tetapi, Inter adalah (klub) yang membenci Milan. Milan juga membenci kedatangan (Inter). Jadi dua-duanya memiliki tekanan psikologis,” ujar Rayana.

“Kita tahu bahwa ada keuntungan bagi Inter (di laga ini), yaitu Ibra dan Rebic tidak bermain, absen. Di sisi lain, Inter juga punya skuad yang memang pantas berada di posisi pertama, dengan kegenapan materi pemain yang selalu membawa (tim) berada di atas klasemen sementara. Ini yang akan menjadi keseruan dalam derby nanti,” pungkasnya.

4 dari 5 halaman

Komentar Eks Pemain

Eks pemain Inter Milan, Nicola Berti, juga sempat membagikan pandangannya terkait Derby della Madonnina kali ini. Menurutnya, pertempuran lini tengah akan menjadi kunci kemenangan di laga tersebut.

"Sejauh pengamatan saya, Milan tidak punya kesempatan untuk menang. Trio lini tengah pasukan Simone Inzaghi bermain sangat baik, seakan mereka sudah bermain bersama seumur hidup," bebernya.

“Mereka memiliki intensitas dan harmoni seperti itu, saya ragu Milan bisa menangani perbandingannya,” tambah mantan pemain berusia 54 tahun itu. 

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.