Sukses

Hasil Piala FA: Manchester United Disingkirkan Middlesbrough Lewat Adu Penalti

MU tersingkir dari Piala FA. Anthony Elanga jadi biang keladi tersisihnya Setan Merah.

Liputan6.com, Jakarta- Kejutan besar sudah tercipta di putaran empat Piala FA. Manchester United harus tersingkir usai kalah adu penalti melawan klub kasta kedua Liga Inggris Middlesbrough, Sabtu (5/2/2022) dinihari WIB.

Pada babak adu penalti, MU kalah 7-8 setelah eksekusi pemain muda Anthony Elanga melambung. Laga putara empat Piala FA ini dilanjutkan ke adu penalti setelah selama 120 menit berakhir imbang 1-1.

Main di kandang sendiri, Stadion Old Trafford, MU langsung tampil menyerang. Peluang emas pertama dimiliki Cristiano Ronaldo di menit keenam. Namun tendangan salto Ronaldo masih bisa diamankan kiper Middlesbrough Joe Lumley.

MU hampir unggul di menit 20 saat wasit memberikan hadiah penalti akibat Paul Pogba dilanggar Anfernee Dijksteel. Sial bagi MU, eksekusi Ronaldo masih melebar dari gawang Middlesbrough.

Lima menit kemudian, MU akhirnya bisa memimpin. Jadon Sancho melepaskan tendangan kaki kiri usai menerima umpan dari Bruno Fernandes.

MU sempat membuat gol lagi di menit ke-31 lewat Marcus Rashford. Akan tetapi gol ini dianulir wasit karena off-side.

Rashford kemudian dapat peluang emas di menit 41. Kali ini tembakannya masih bisa dihentikan Lumley. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

MU seharusnya bisa menggandakan skor di menit 58. Sial bagi Rashford, sontekannya di mulut gawang malah melebar.

Di menit 57 Middlesbrough memiliki peluang emas saat aksi Matt Crooks masih bisa ditepis kiper Dean Henderson.

Middlesbrough akhirnya bisa menyamakan skor di menit 63. Crook kali ini tak menyia-nyiakan peluang saat mendapat umpan dari Duncan Watmore.

MU nyaris kembali memimpin andai tembakan Bruno Fernandes tidak mengenai tiang gawang. Peluang MU lain di menit akhir lewat sundulan Elanga juga tak membuahkan gol karena bisa diamankan Lumley. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan.

3 dari 4 halaman

Extra Time

Di babak tambahan, MU mati-matian mencetak gol kemenangan. Peluang emas didapat lewat Fernandes di menit 107. Tembakan pemain Portugal itu dengan cekatan ditepis Lumley.

Asyik menyerang MU hampir kecolongan di menit 115. Beruntung Henderson masih bisa menghalau aksi Aaron Connoly. Tak ada gol di babak tambahan.

4 dari 4 halaman

Adu Penalti

Di babak adu penalti, situasi sungguh menegangkan. Tujuh algojo pertama kedua tim sama-sama mampu menunaikan tugasnya dengan baik.

Algojo kedelapan Middlesbrough Lee Peltier mampu memperdaya Henderson. Beban berat pun berada di pundak Elanga sebagai eksekutor kedelapan. Dia harus mampu mengeksekusi penalti dengan baik.

Elanga membuat kesalahan. Eksekusinya melambung dari gawang Middlesbrough. MU pun harus tersingkir. Middlesbrough melaju ke putaran kelima.

Tujuh algojo MU yang sukses mengeksekusi penalti adalah Juan Mata, Harry Maguire, Fred, Ronaldo, Fernandes, Scott McTominay dan Diogo Dalot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.