Sukses

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Momen Kebangkitan Uruguay di Era Diego Alonso

Kemenangan ini membuat Uruguay ke peringkat empat klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol dengan 22 poin

Liputan6.com, Jakarta Uruguay kembali menjaga asa lolos ke Piala Dunia 2022 usai melumat Venezuela dengan skor 4-1 dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol (Amerika Selatan) di Stadion Centenario, Uruguay, Rabu (2/2/2022).

Bagi Uruguay kemenangan ini seolah menandakan kebangkitan Luis Suarez dkk. Di bawah asuhan pelatih baru, La Celeste sudah memenangkan dua laga terbaru di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, pada 27 Januari lalu, Uruguay menang tipis 1-0 atas Paraguay di kandang lawan. Terbaru, mereka melibas Venezuela di Estadio Centenario, Montevideo.

Hasil ini menempatkan Uruguay di posisi keempat alias batas akhir lolos langsung ke Qatar. Mereka mengumpulkan 22 poin dari 16 laga, unggul tiga angka dari Chile yang ada di luar zona Piala Dunia.

Seperti diketahui, Uruguay kini berada di tangan pelatih baru Diego Alonso. Dia ditunjuk untuk menggantikan Oscar Tabarez yang dipecat setelah memegang tim selama 15 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Periode Sulit

Tabarez menjalani periode yang sulit di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol. Sejak Oktober 2021, Uruguay tidak pernah menang.

Uruguay yang selalu lolos ke putaran final Piala Dunia sejak 2010 pun berada dalam ancaman. Hingga akhirnya menyusul kekalahan dari Bolivia, Uruguay memecat Tabarez.

3 dari 5 halaman

Tambah Motivasi

Kemenangan atas Paraguay pekan lalu, memang membuat motivasi pemain Uruguay meningkat. Pasalnya, itu merupakan kemenangan perdana setelah menelan 5 kekalahan beruntun.

Pada laga itu, performa lini depan La Celeste juga terbilang cukup bagus. Sepanjang 90 menit waktu normal, Luis Suarez dan kawan-kawan berhasil melesakkan 15 tembakan percobaan, jauh lebih banyak dibanding tuan rumah Paraguay (8 tembakan).

4 dari 5 halaman

Pertandingan

Sedangkan, saat mengalahkan Venezuela, empat gol Uruguay masing-masing dicetak oleh Rodrigo Bentacur, Giorgian de Arrascaeta, Edinson Cavani dan Luis Suarez. Sementara itu, gol hiburan Venezuela dicetak oleh Josef Martinez.

Uruguay mencetak gol cepat saat laga baru berjalan satu menit. Tendangan keras Rodrigo Bentacur mengejutkan kiper Wuilker Farinez. Tim tuan rumah menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-23 melalui De Arrascaera lewat tendangan keras.

5 dari 5 halaman

Penalti

Menjelang babak pertama berakhir, Uruguay mencetak gol ketiga mereka lewat tendangan akrobatik Edinson Cavani setelah menerima umpan silang De Arrascaeta. Skor 3-0 menutup babak pertama.

Kemudian, tendangan penalti Suarez kali ini mampu membuat Uruguay unggul 4-0 pada menit ke-53. Venezuela mencuri satu gol melalui Josesf Martinez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.