Sering Ikut Kompetisi dan Uji Tanding, Menpora Yakin Penampilan Timnas Indonesia Makin Terasah

Oleh AY Yustiawan pada 31 Jan 2022, 13:40 WIB
Diperbarui 31 Jan 2022, 13:42 WIB
Menpora
Perbesar
Menpora Zainudin Amali bersama Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti menyaksikan langsung pertandingan Timnas Indonesia melawan Korea Utara dalam laga pamungkas Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/11)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memuji hasil positif yang diraih Timnas Indonesia usai dua kali menaklukkan Timor Leste pada laga persahabatan FIFA Match Day.

Timnas Indonesia menang 4-1 pada leg pertama. Kemudian kembali unggul 3-0 pada laga kedua di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu malam (30/1/2022).

Terkait dengan pencapaian itu, Menpora menilai timnas Indonesia U-23 asuhan pelatih Korea Selatan Shin Tae-yong memiliki masa depan cukup baik.

"Kita punya harapan terhadap anak-anak kita, walaupun meski masih harus digenjot lagi. Anak-anak yang usianya masih muda ini masih ada peluang untuk diturunkan di 2023 nanti," kata Menpora Amali, seperti dikutip dari situs Kemenpora.

Selanjutnya, dikatakan Menpora, makin banyak kompetisi dan uji tanding yang dilakoni bisa membuat penampilan timnas semakin matang dan terasah.


Makin Terasah

Foto: Pratama Arhan Jadi Bintang Comeback Timnas Indonesia atas Timor Leste dalam Laga Uji Coba Pertama FIFA Matchday
Perbesar
Timnas Indonesia menurunkan tiga pemain yang sebelumnya jarang menjadi starter, di antaranya Syahrul Trisna Fadillah, Sani Rizki dan Edo Febriansyah. (Bola.com/Alit Binawan)

"Semakin banyak pertandingan yang diikuti mereka akan semakin terasah. Latihan sebanyak apapun tanpa kompetisi, tanpa uji tanding tidak akan bisa kita lihat hasilnya," ujarnya.

Karena itu, pemerintah mendukung PSSI untuk berjalannya kompetisi karena ujungnya kompetisi adalah menghasilkan timnas, tidak hanya sekedar bergulirnya kompetisi tapi kompetisi harus bertujuan menghasilkan timnas. "Timnas sudah ke arah yang lebih baik meski belum optimal," jelas Menpora Amali.


Peringkat FIFA

Timnas Indonesia Menang Telak Atas Timor Leste 3-0
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (kanan) berselebrasi dengan rekannya usai mencetak gol ke gawang Timor Leste pada laga uji coba internasional di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Minggu (30/1/2022) malam WIB. Indonesia menang telak atas Timor Lester 3-0. (Dok Humas PSSI)

Seperti diketahui, pertandingan persahabatan Timnas Indonesia vs Timor Leste di leg kedua berhasil dimenangkan skuad Garuda Muda 3-0. Sebelumnya, di leg pertama Indonesia unggul 4-1. Kemenangan ini membuat timnas Indonesia berada di peringkat 158 dunia.

Sejak babak pertama dimulai Timnas Indonesia telah menekan pertahanan Timor Leste. Hasilnya di menit keenam, Garuda Muda berhasil membobol pertahanan Timor Leste melalui tendangan Terens Owang Priska Puhiri.


Hasil Pertandingan

Foto: Mutiara Hitam Bersinar, Timnas Indonesia Gunduli Timor Leste 3-0
Perbesar
Indonesia sempat memiliki beberapa peluang di sisa babak kedua. Namun hingga laga usai tak ada lagi gol yang tercipta. (Bola.com/Maheswara Putra)

Tertinggal 0-1 Timor Leste mencoba mengejar ketertinggalan, bahkan tim asuhan Paulo Da Silva ini sempat membahayakan gawang Nadeo Winata di menit ke-18.

Indonesia menambah kemenangan lewat gol dari tendangan jarak jauh Rumakiek. Bola tak sempat ditepis penjaga gawang Timor Leste Junildo Manuel.

Skor 2-0 bertahan untuk keunggulan timnas Indonesia hingga babak pertama berakhir. Di babak kedua timnas Garuda berhasil menambah satu gol melalui Ricki Kambuaya dimenit ke-71. Hasil akhir 3-0 untuk timnas Garuda Muda tak terkejar Timor Leste.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya