Cetak Gol Ketiga di Laga Timnas Indonesia vs Timor Leste, Ricky Kambuaya: Jadi Motivasi

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 31 Jan 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 31 Jan 2022, 12:00 WIB
Timnas Indonesia Vs Timor Leste
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya usai mencetak gol ke gawang Timor Leste. (Maheswara Putra/Bola.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ricky Kambuaya sukses membawa Timnas Indonesia menang atas Timor Leste dalam laga uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (30/1/2022) malam WIB. Sebelumnya, 27 Januari lalu, skuat Garuda juga menang 4-1 atas Timor Leste.

Ricky Kambuaya mencetak gol dengan tendangan mendatar di menit ke-72 usai mencuri bola dari tengah lapangan dan melewati pemain Timor Leste. Gol ini mengantar Indonesia menang 3–0 atas skuad asuhan Fabio Magrao.

Ricky Kambuaya mengaku bersyukur bisa menyumbang gol sekaligus mengantar skuat asuhan Shin Tae-yong menang atas Timor Leste. Menurutnya, gol itu menjadi motivasi pribadi baginya untuk selalu bekerja keras.

"Saya bersyukur, teman-teman (memberi) support (ketika) kami bermain, lalu saya bisa menyumbang gol (bagi Indonesia). Itu jadi motivasi pribadi untuk saya bekerja keras," kata pesepak bola berusia 25 tahun tersebut.

Selain Ricky, dua pemain lain yang mencatatkan namanya di papan skor adalah Terens Puhiri (‘5) dan Ramai Rumakiek (’41). Hasil ini membawa Indonesia menyegel kemenangan keduanya atas Timor Leste dalam rangkaian FIFA Matchday di Bali.


Bukan Kali Pertama

Timnas Indonesia Menang Telak Atas Timor Leste 3-0
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (kanan) berselebrasi dengan rekannya usai mencetak gol ke gawang Timor Leste pada laga uji coba internasional di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Minggu (30/1/2022) malam WIB. Indonesia menang telak atas Timor Lester 3-0. (Dok Humas PSSI)

Ini bukan kali pertama Ricky Kambuaya menjadi penyumbang gol bagi Skuat Garuda. Dalam laga perdana FIFA Matchday kontra Timor Leste pada Kamis (27/1/2022) lalu, pemain Persebaya Surabaya itu juga sukses membuka angka pertama bagi Indonesia di menit ke-65.

Lewat sepakan kaki kiri, yang meneruskan umpan dari Ronaldo Kwateh, Ricky menyamakan kedudukan Indonesia menjadi 1–1 dengan Timor Leste, setelah sempat tertinggal hingga pertengahan babak kedua.


Jalannya Pertandingan

Timnas Indonesia Menang Telak Atas Timor Leste 3-0
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timor Leste pada laga uji coba internasional di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Minggu (30/1/2022) malam WIB. Indonesia menang telak atas Timor Lester 3-0. (Dok Humas PSSI)

Adapun dalam laga kedua, Timnas Indonesia langsung tampil menyerang sejak pertandingan dimulai. Taktik ini terbukti manjur. Pada menit kelima, Terens Puhiri membuka keunggulan bagi Skuad Garuda.

Mendapat umpan terobosan manja dari Ricky Kambuaya, Terens mengungguli pertahanan Timor Leste berkat kecepatannya. Dengan tenang ia memperdaya kiper Junildo Pereira lewat tendangan lob. Indonesia unggul sementara 1–0.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong hampir memperlebar keunggulan lewat sepakan Ramai Rumakiek dan Marselino Ferdinan. Namun, Junildo tampil cekatan di bawah mistar gawang, hingga sukses menggagalkan peluang Indonesia.

Pada menit ke-18, giliran Timor Leste yang membuat gol lewat Elias Mesquita. Beruntung gol tersebut dianulir wasit karena sudah lebih dulu terperangkap off-side.

Indonesia baru berhasil memperoleh angka kedua di menit ke-40 lewat tendangan keras jarak jauh yang dilancarkan Ramai Rumakiek. Kiper Lafaek tak kuasa menahan tembakan Ramai yang mengarah ke tiang dekat. Alhasil, Pasukan Merah Putih unggul 2–0.


Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Skuad Garuda enggan mengendurkan serangan. Alfeandra Dewangga nyaris menambah keunggulan Indonesia pada menit 70 lewat tendangan bebas. Sayangnya lesakan tersebut masih bisa dihalau oleh Junildo.

Tak lama berselang, gol ketiga tercipta berkat solo-run Ricky Kambuaya. Pesepak bola asal Papua itu mencuri bola dari tengah lapangan, kemudian berlari kencang melewati pemain Timor Leste sebelum melesakkan bola dengan tendangan mendatar.

Skor tidak berubah hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Dengan demikian, Timnas Indonesia resmi meraih kemenangan keduanya atas Timor Leste dalam laga uji coba yang berlangsung di Bali.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya