Shin Tae-yong Sebut 8 Pemain Timnas Indonesia Positif Covid-19

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 31 Jan 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 31 Jan 2022, 06:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Perbesar
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Maheswara Putra/Bola.com)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia hanya membawa lima pemain cadangan saat menghadapi laga FIFA Matchday kedua kontra Timor Leste yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (30/1/2022) malam WIB.

Pelatih Skuad Garuda Shin Tae-yong mengungkapkan, keputusan ini diambil lantaran adanya kasus COVID-19 di kalangan pemain. Total ada delapan penggawa Merah Putih yang dikonfirmasi positif terjangkit virus tersebut.

“Ini sampai ada delapan pemain yang positif (COVID-19), hingga akhirnya tidak bisa ikut pertandingan hari ini,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca pertandingan, Minggu (30/1/2022).

“Sebenarnya untuk protokol, amat kita patuhi dengan baik. Dengan terjadinya situasi seperti ini, saya sendiri pun sangat bingung dan tidak tahu harus bagaimana,” sambung juru taktik asal Korea Selatan itu.

Alhasil, Shin Tae-yong cuma bisa memboyong lima pemain, yakni Ernando Ari Sutaryadi, Achmad Figo Ramadani, Edo Febriansah, Sani Rizki Fauzi, dan Dedik Setiawan untuk mengisi bangku cadangan.


Menang 3–0

Ramai Rumakiek
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timor Leste pada laga FIFA Matchday, Minggu (30/1/2022). (dok. PSSI)

Terlepas dari minimnya jumlah anggota skuad, Shin Tae-yong tetap sukses mengantar pasukannya menghajar Timor Leste di laga tersebut. Indonesia menang 3–0 berkat gol dari Terens Puhiri (‘5), Ramai Rumakiek (’41), dan Ricky Kambuaya (’72).

“Dengan sisa pemain, kami sangat bekerja keras, sehingga (bisa) mendapatkan hasil yang baik seperti hari ini. Untuk masalah-masalah (yang berkaitan dengan) Corona, harus kami pertimbangkan lagi bagaimana ke depannya,” pungkas pelatih 51 tahun tersebut.


Jalannya Pertandingan

Terens Puhiri
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia, Terens Puhiri, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timor Leste pada laga FIFA Matchday, Minggu (30/1/2022). (dok. PSSI)

Timnas Indonesia langsung tampil menyerang sejak pertandingan dimulai. Taktik ini terbukti manjur. Pada menit kelima, Terens Puhiri berhasil membuka keunggulan bagi Skuad Garuda.

Mendapat umpan terobosan manja dari Ricky Kambuaya, Terens mengungguli pertahanan Timor Leste berkat kecepatannya. Dengan tenang ia memperdaya kiper Junildo Pereira lewat tendangan lob. Indonesia unggul sementara 1–0.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong hampir memperlebar keunggulan lewat sepakan Ramai Rumakiek dan Marselino Ferdinan. Namun, Junildo tampil cekatan di bawah mistar gawang, hingga sukses menggagalkan peluang Indonesia.

Pada menit ke-18, giliran Timor Leste yang membuat gol lewat Elias Mesquita. Beruntung gol tersebut dianulir wasit karena sudah lebih dulu terperangkap off-side.


Gol Kedua

Indonesia baru berhasil memperoleh angka kedua di menit ke-40 lewat tendangan keras jarak jauh yang dilancarkan Ramai Rumakiek. Kiper Lafaek tak kuasa menahan tembakan Ramai yang mengarah ke tiang dekat. Alhasil, Pasukan Merah Putih unggul 2–0.

Memasuki babak kedua, Skuad Garuda enggan mengendurkan serangan. Alfeandra Dewangga nyaris menambah keunggulan Indonesia pada menit 70 lewat tendangan bebas. Sayangnya lesakan tersebut masih bisa dihalau oleh Junildo.

Tak lama berselang, gol ketiga tercipta berkat solo-run Ricky Kambuaya. Pesepak bola asal Papua itu mencuri bola dari tengah lapangan, kemudian berlari kencang melewati pemain Timor Leste sebelum melesakkan bola dengan tendangan mendatar.

Skor tidak berubah hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Dengan demikian, Timnas Indonesia resmi meraih kemenangan keduanya atas Timor Leste dalam laga uji coba yang berlangsung di Bali.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya