Sukses

China Batasi Penjualan Tiket Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Tak hanya penonton dari luar negeri,China memutuskan untuk tidak menjual tiket Olimpiade Musim Dingin tahun 2022 kepada warga lokal.

Liputan6.com, Beijing- China telah melarang penonton asing menghadiri Olimpiade Musim Dingin 2022 yang dimulai di Beijing dalam waktu kurang dari sebulan. Pada hari Senin, diumumkan bahwa sebagian besar orang China juga tidak dapat hadir. 

Adanya ancaman yang berkembang dari pandemi virus Corona, panitia penyelenggara Beijing 2022 mengumumkan bahwa mereka mengakhiri penjualan tiket ke acara untuk memastikan keselamatan semua peserta dan penonton. 

Keputusan itu muncul kurang dari dua hari setelah otoritas kesehatan melaporkan kasus pertama Beijing dari varian Omicron dan memerintahkan penguncian segera dan tes massal di salah satu lingkungan ibu kota. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akibat Wabah Virus Corona

Wabah itu, sejauh ini terbatas hanya menembus upaya luar biasa untuk mengisolasi Beijing, termasuk larangan bepergian ke kota, untuk memastikan bahwa Olimpiade akan terpengaruh sesedikit mungkin. 

Komite penyelenggara mengatakan mereka telah menciptakan “program adaptasi” untuk memungkinkan beberapa penonton, menujukkan bahwa kelompok-kelompok yang telah cukup diskrining dan dikarantina akan diundang untuk hadir. 

Itu bisa melibatkan pekerja pemerintah, sponsor atau pejabat pemerintah, tetapi komite tidak menjelaskan kecuali untuk menjelaskan bahwa masyarakat tidak akan dapat membeli tiket yang belum mulai dijual. 

Komite Olimpiade internasional kemudian merilis sebuah pernyataan yang sebagian besar Beijing. 

“Penyelenggara berharap bahwa para penonton ini akan secara ketat mematuhi penanggulangan Covid-19 sebelum, selama dan setelah setiap acara sehingga dapat membantu menciptakan lingkungan yang benar-benar aman bagi para atlet,” kata pernyataan komite internasional. 

3 dari 3 halaman

Penyelenggara Telah Menyusun Protokol Kesehatan

Olimpiade Musim Dingin, yang dimulai pada 4 Februari sekarang akan berlangsung seperti yang ada di Tokyo, yang juga melarang sebagian besar penonton sebelum Olimpiade Musim Panas tahun lalu. Pihak berwenang di China yang dulu menantang untuk mengisi tempat-tempat dengan penonton, kini harus tunduk pada realitas pandemi. 

Bahkan sebelum akhir penjualan tiket hari Senin, penyelenggara telah menyusun protokol kesehatan yang jauh melebihi yang ada di Tokyo. Mereka telah menciptakan sistem “loop tertutup” yang akan mengisolasi atlet, penonton, jurnalis, dan pekerja Olimpiade dalam tiga kelompok tempat di mana acara akan berlangsung. 

Sampai hari senin, penyelenggara berharap dapat mengizinkan penonton yang divaksinasi dan diuji untuk membeli tiket untuk memasuki tiga “gelembung” yang mencakup Desa Olimpiade utama di Beijing, lokasi Olimpiade Musim Panas pada tahun 2008 dan dua gugusan gunung di utara ibukota, Zhangjiakou dan Yanqing. 

Siapa pun dari China yang telah masuk masih diperkirakan akan dikarantina selama 21 hari setelah pergi, upaya untuk melindungi populasi yang lebih luas dari paparan pengunjung asing. 

Bahkan dengan langkah-langkah luar biasa seperti itu, penyelenggara tidak lagi merasa mereka dapat mengambil risiko interaksi antara penduduk di luar acara dan kerumunan internasional yang mulai berdatangan. 

China dalam beberapa pekan terakhir secara agresif berusaha untuk membasmi serangkaian wabah bersamaan sebagai bagian dari kebijakan pemerintah tentang “zero tolerance” untuk virus corona. Pada pekan lalu, lebih dari 20 juta orang dikurung di rumah mereka sekitar China termasuk Tianjin, sebauh kota pelabuhan yang hanya 70 mil sebelah timur Beijing. 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.