Sukses

Airlangga Hartarto Kembali Terpilih Pimpin Wushu Indonesia Sampai 2026

Wushu Indonesia kembali akan dipimpin oleh Airlangga Hartarto hingga 2026.

Liputan6.com, Jakarta- Airlangga Hartarto kembali mendapat kepercayaan menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI). Airlangga akan memimpin Wushu Indonesia hingga 2026. 

Kembali terpilihnya Airlangga Hartarto untuk periode 2022-2026 terjadi pada Musyawarah Nasional (Munas) Wushu Indonesia VII yang digelar di Hotel JR Luwansa Jakarta, Jumat (28/1/2022). 

Dalam Munas dengan tema "Terus Berprestasi Melanjutkan Tradisi Medali" yang dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali tersebut Airlangga Hartarto terpilih secara aklamasi. 

Sebanyak 31 Pengurus Provinsi (Pengprov) WI sepakat memilih Airlangga Hartarto yang menjadi calon tunggal. Alasannya, komitmen dan kerja nyata membangun prestasi wushu Indonesia menjadi keunggulan Airlangga Hartarto saat menjabat Ketua Umum PB WI periode 2017-2021.

Ketua Pengprov WI DKI Jakarta, Tjokro Gunawan menyebut pria yang menekuni olahraga wushu sejak masih remaja ini benar-benar memahami pembinaan olahraga yang ideal dengan mengedepankan sasana dalam membangun prestasi olahraga wushu.

Melalui Sirkuit Nasional Taolu Virtual yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19, Indonesia sudah tidak lagi kekurangan atlet junior potensial yang bakal diterjunkan menghadapi single dan multi event internasional ke depan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan

Bukan hanya itu saja, atlet junior yang bermunculan dari sasana itu ke depan bakal dibina dalam pelatnas berkesinambungan dengan menggunakan promosi dan degradasi itu akan mampu menggantikan posisi Ratu Wushu Dunia, Lindswel Kwok dan Edgar Xavier Marvelo yang juga sudah meraih gelar juara dunia dan menyumbangkan medali emas di SEA Games.  

"Apa yang telah dibangun pak Airlangga Hartarto itu telah menghasilkan prestasi  internasional sehingga wushu masuk dalam daftar 14 cabang olahraga prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Mudah-mudahan wushu dipertandingkan pada Olimpiade 2032 sehingga apa yang telah dibangun saat ini bisa menghasilkan prestasi maksimal," kata Tjokro Gunawan.

Yang lebih membanggakan lagi, kata Tjokro Gunawan, Federasi Wushu Internasional (IWUF) mengakui bahwa PB WI pimpinan Airlangga Hartarto telah banyak melakukan kegiatan di masa pandemi Covid -19 dengan melakukan terobosan mengadakan pertandingan-pertandingan secara virtual yang akhirnya diikuti juga oleh negara negara lain. 

Pengakuan yang sama juga dilontarkan Ketua Pengprov WI Riau, DR H Firdaus St.Mt. Bahkan, Wali Kota Pekanbaru ini menyebutkan alasannya  kembali memilih Airlangga Hartarto untuk memimpin PB WI periode 2022-2026 karena kesuksesan Menko Perekonomian dalam membangun prestasi olahraga wushu Indonesia dan juga manajemen pengelolaan organisasi yang baik. 

3 dari 3 halaman

Edgar Xavier Marvelo

Perasaan senang atas terpilihnya Airlangga Hartarto untuk memimpin PB WI periode 2022-2026 juga disampaikan Edgar Xavier Marvelo yang hadir di Munas untuk menerima penghargaan. Juara Dunia Wushu 2019 ini mengaku merasa nyaman karena wushu akan bisa lebih berkembang lagi. 

"Komitmen dan kerja nyata pak Airlangga tak perlu diragukan dan kami sebagai atlet sudah merasakannya. Program pembinaan atlet senìor dan junior melalui pelatnas telah berlangsung secara berkesinambungan. Dan, saya dan teman-teman akan berusaha meraih prestasi lebih baik lagi ke depan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.