Sukses

Perjuangan Aliando Melawan OCD: Sempat Sembuh, Namun Kambuh Lagi

Aktor Aliando Syarief muncul dengan kabar mengejutkan. Bintang Ganteng - ganteng Serigala itu mengaku mengidap gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD) ekstrem.

Liputan6.com, Jakarta Aktor Aliando Syarief muncul dengan kabar mengejutkan. Bintang Ganteng - ganteng Serigala itu mengaku mengidap gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD) ekstrem.

Aliando mengaku OCD sudah dideritanya sejak kecil. Namun setelah menjalani terapi, kondisinya sedikit membaik.

"Sebelumnya gue enggak bisa gerak gitu, karena kalau mau gerak harus berantem dulu sama pikiran gue, kalau berhasil dan menang baru gue bisa gerak. Separah itu," kata Aliando lewat akun instagramnya.

OCD sendiri merupakan gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Apabila tidak terpenuhi, maka penderita akan diliputi oleh kecemasan dan ketakutan.

Aliando mengakui ia sangat terganggu dengan OCD ini. Pasalnya, ia menjadi terobsesi untuk merapikan segala sesatu yang menurutnya tidak rapi.

"Kalau OCD itu mereka kalau melihat buku nggak rapi, nggak enak ditutup lagi. Tapi ini lebih, masa mandi aja harus gue hitung rambut. Kan, kacau gitu," kata Aliando

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Sembuh

Aliando mengatakan, OCD itu sempat sembuh. Namun di usia 25 tahun, gangguan tersebut muncul kembali.

"Dulu sudah pernah kelas 2 SD, tapi balik lagi umur 25 sekarang. Kelas 2 SD tuh sudah selesai. Habis itu kena OCD lagi baru 2019 akhir di 2020 kemarin," ujar Aliando.

3 dari 3 halaman

Terganggu

Lebih lanjut, Aliando mengaku OCD ini sangat mengganggu pikirannya. Ia kerap melawan saat OCD itu muncul.

"Yang dirasain kalau OCD tuh wah campur aduk ya, kita kayak berantem sama pikiran kita sendiri. Karena pikiran buruk itu ingin menguasai otak kita. Jadi kita harus ngelawan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.