Hasil Timnas Indonesia vs Timor Leste: Sihir Pratama Arhan Menangkan Pasukan Shin Tae-yong

Oleh Thomas pada 27 Jan 2022, 21:01 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 21:06 WIB
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.
Perbesar
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (AFP/Roslan RAHMAN).

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia berhasil menang telak 4-1 atas Timor Leste pada laga uji coba internasional di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB. Timnas Indonesia sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama.

Pada laga melawan Timor Leste ini, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan kesempatan kepada dua pemain muda Ronaldo Kwateh dan Marcelino Ferdinan kesempatan bermain sebagai pemain pengganti di babak kedua.

Main di bawah guyuran hujan, pertemuan Indonesia dengan Timor Leste berlangsung ketat sejak awal. Timnas Indonesia mendapat peluang emas di menit 12 melalui bek kiri Edo Febriansyah. Sayangnya sepakan keras Edo masih bisa ditepis kiper Junildo Pereira.

Timor Leste balas mengancam lewat Paolo Gali Freitas. Beruntung tembakan mendatarnya masih melebar dari gawang Indonesia.

Indonesia hampir saja membuka keunggulan di menit 19 lewat sepakan Sani Rizki. Akan tetapi bola masih meleset tipis.

Peluang emas kembali didapat Indonesia tiga menit berselang. Kali ini tendangan striker Dedik Setiawan masih membentur tiang gawang.

Dedik membuang peluang emas lagi di menit 27. Dedik terlambat menyontek umpan tarik dari Ricky Kambuaya meski sudah berdiri bebas di mulut gawang.

Timor Leste secara mengejutkan bisa unggul lebih dulu di menit 34 lewat skema serangan balik cepat. Paulo Gali memenangi duel dengan Alfaendra Dewangga sebelum memperdaya Syahrul Trisna lewat tendangan lob ke tiang jauh.

Timnas Indonesia berpeluang membalas gol Gali di menit 43. Namun lagi-lagi kiper Timor Leste tampil cekatan di bawah mistar gawang. Dia bisa menepis tembakan jarak jauh Irfan Jaya.

Lewat serangan balik Timor Leste mendapat hadiah penalti di menit 45. Syahrul melanggar Gali di kotak penalti. Beruntung eksekusi penalti Mouzinho Baretto masih bisa ditepis Syahrul.


Babak Kedua

Tertinggal satu gol, Shin Tae-yong melakukan perubahan di babak kedua. Hanis Sagara, Ronaldo Kwateh dan Pratama Arhan dimasukkan guna menambah daya dobrak timnas Indonesia.

Masuknya Kwateh membuat serangan timnas Indonesia lebih hidup, Dua peluang emas didapat Indonesia di awal babak kedua lewat Irfan Jaya. Namun semuanya bisa dimentahkan kiper Timor Leste.

Derasnya serangan timnas Indonesia akhirnya membuahkan hasil di menit 64. Ricky Kambuaya memecah kebuntuan lewat sepakan kaki kiri ke tiang jauh setelah meneruskan umpan dari Ronaldo Kwateh.

Semenit setelah menyamakan skor, Indonesia memasukkan wonderkid lainnya Marcelino Ferdinan menggantikan Evan Dimas.


Sihir Arhan

Indonesia bisa berbalik unggul pada menit 72. Pratama Arhan membuat Indonesia memimpin lewat eksekusi penalti. Hadiah penalti diberikan karena handball yang tercipta akibat lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Timnas Indonesia menambah gol lagi di menit 76. Kembali Arhan menghadirkan prahara bagi Timor Leste. Lemparan ke dalam Arhan yang begitu dera s salah diantisipasi kiper Timor Leste Georgino Mendonca dan malah masuk ke gawang sendiri.

Indonesia menambah gol lagi di menit 79. Kembali Timor Leste melakukan gol bunuh diri yang diakibatkan aksi Arhan. Kali ini umpan silang Arhan yang salah diantisipasi Filomeno Junior sehingga melahirkan gol bunuh diri.

Marcelino hampir mencetak gol pada laga debut di timnas Indonesia senior. Di menit 85, tendangan bebas Marcelino susah payah ditepis kiper Timor Leste. Skor 4-1 bertahan sampai bubaran.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya