Jadwal Timnas Indonesia Vs Timor Leste: Episode Pertama Berlangsung Hari Ini

Oleh Marco Tampubolon pada 27 Jan 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 21:33 WIB
Foto: Sepak Terjang Pratama Arhan Sang Wonderkid Timnas Indonesia di Ajang Piala AFF 2020
Perbesar
Pratama Arhan berhasil mencuri perhatian usai tampil memukau di laga terakhir fase grup Piala AFF 2020 dengan mencetak satu gol dan satu assist untuk Irfan Jaya. Bermain sebagai bek kiri, ia berhasil menjadi pemain aktif dan agresif di lapangan. (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia kembali beraksi. Pasukan Shin Tae-yong bakal bertemu dengan Timor Leste pada FIFA matchday. Pertandingan dijadwalkan berlangsung dua kali dan seluruhnya digelar di Bali. 

Menyusul meningkatnya kasus COVID-19 yang disebabkan varian Omicron di Bali, pertandingan Timnas Indonesia Vs Timor Leste bakal berlangsung tanpa penonton. Namun jangan khawatir, para pencinta sepak bola nasional bisa menyaksikannya secara langsung lewat Indosiar.  

Di atas kertas, Timor Leste bukanlah lawan sepadan bagi timnas Indonesia. Dalam berbagai pertemuan sebelumnya, Timnas Indonesia masih dominan. Begitu juga bila dilihat dari posisi kedua negara di rangking FIFA. Saat ini, Indonesia menempati posisi ke-164 dan Timor Leste di urutan 196.

Perbedaan kualitas kedua tim juga terlihat pada Piala AFF 2020 lalu. Pada turnamen yang berlangsung di Singapura itu, Timor Leste yang diperkuat banyak permain muda, jadi juru kunci grup A. 

Sepanjang babak penyisihan, Timor Leste tidak mampu memetik satu poin pun. Empat pertandingan yang dilalui seluruhnya berujung kekalahan tanpa pernah mencetak gol ke gawang lawan. 

Sebaliknya, timnas Indonesia yang keluar sebagai juara grup B berhasil melaju hingga ke final. Langkah skuat Garuda meraih gelar juara dihentikan oleh Timnas Thailand dengan agregat 2-6. Sebagian pemain yang tampil pada turnamen ini, kembali akan turun pada FIFA matchday nanti. 

 


Komentar Shin Tae-yong

Foto: 5 Pemain Veteran yang Masih Bisa Diandalkan Shin Tae-yong untuk Memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020
Perbesar
Shin Tae-yong dikenal dengan pelatih yang gemar memainkan pemain muda di skuat Merah Putih. Hal tersebut terlihat saat Timnas Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, sebaiknya pria asal Korea Selatan itu harus mempertimbangkan memainkan pemain senior. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak membantah jomplangnya kekuatan kedua tim. Namun bukan berarti, pelatih asal Korea Selatan itu berani menganggap enteng pertandingan nanti. Sebaliknya, dia melihat ada kemajuan dari tim lawan yang perlu diwaspadai pasukannya.  

"(Pemain-pemain Timor Leste) lebih baik dari pemikiran saya. (Kemampuan) passing, lari, hingga mobilitas mereka sangat baik,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang FIFA Matchday di Trans Resort Bali, Rabu (26/1/2022).

“Saya melihat, memang ada progress yang baik dari (Timor Leste). Saya menonton pertandingan mereka di AFF Suzuki Cup kemarin. Mulai dari kecepatan hingga penguasaan bolanya menjadi lebih baik dari sebelumnya,” sambung pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Simak juga jadwal lengkap pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste di halaman selanjutnya.  


Jadwal Pertandingan Indonesia Vs Timor Leste

Kamis (27/1/2022)

18.30 WIB: Timnas Indonesia vs Timor Leste (Stadion Kapten I Wayan Dipta)

Live: Indosiar

Minggu (30/1/2022)

18.30 WIB: Timnas Indonesia vs Timor Leste (Stadion Kapten I Wayan Dipta)

Live: Indosiar

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya