Kekuatan Timnas Indonesia Berkurang Hadapi Timor Leste di FIFA Matchday

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 27 Jan 2022, 00:10 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 18:30 WIB
Foto: Melihat Aksi Kapten Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia Indonesia Singkirkan Singapura di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2020
Perbesar
Keceriaan Asnawi Mangkualam bersama Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman usai memastikan lolos ke final Piala AFF 2020. (AP/Suhaimi Abdullah)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste. Laga persahabatan ini akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 27 dan 30 Januari 2022.

Sayangnya, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai kekuatan Skuat Garuda bakal berkurang setengah. Ini lantaran tidak ada Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, dan Elkan Baggott.

"Empat pemain yang disebut tadi memang sangat berpengaruh baik untuk tim kita. Di AFF Suzuki Cup kemarin, empat pemain ini yang terbaik dan memang jadi pemain inti," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pra pertandingan melawan Timor Leste di Trans Resort Bali, Rabu (26/1/2022).

"Kalau bicara soal pengaruh, mungkin (mereka berempat) pengaruhnya setengah dari full team kami. (Sementara itu) untuk AFF U-23, kita memang harus melihat bagaimana pertandingan nanti dan sebaik apa tim kami,” pungkas eks juru taktik Korea Selatan ini.

Pelatih berusia 51 tahun itu sejatinya telah memanggil 27 pemain, termasuk Elkan Baggott, untuk memperkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday ini. Akan tetapi, Baggott batal terbang ke Bali karena jasanya masih dibutuhkan oleh Ipswich Town.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

FIFA Matchday

Timnas Indonesia Unggul Atas Timor Leste di Piala AFF 2018
Perbesar
Pemain tengah Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono merayakan gol yang dicetak Stefano Lilipaly saat melawan Timor Leste pada penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia unggul 3-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebagai informasi, laga kontra Timor Leste merupakan bagian dari FIFA Matchday yang diperuntukkan bagi negara-negara anggota FIFA. Masuk dalam kalender resmi, ajang sepak bola itu memberi hak bagi pelatih timnas untuk memanggil pemain-pemainnya, termasuk yang merumput di luar negeri.

Walau bertajuk uji coba, pertandingan ini adalah momen penting bagi pasukan Merah Putih. Pasalnya, FIFA Matchday menjadi ajang persiapan bagi anak-anak asuh Shin Tae-yong jelang menghadapi Kualifikasi Piala Asia, Piala AFF U-23 dan SEA Games Vietnam.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Nyaris Melawan Bangladesh

Timnas Bangladesh.
Perbesar
Timnas Bangladesh. (BFF).

Indonesia semula dijadwalkan bersua dengan Bangladesh dalam laga uji coba pekan ini. Sayangnya, duel tersebut batal terealisasi, lantaran para pemain Bangladesh belum mendapatkan vaksinasi COVID-19 secara penuh.

Sebagai gantinya, PSSI lantas mendatangkan timnas negara tetangga, Timor Leste, untuk menjadi lawan Indonesia di FIFA Matchday.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Lebih Unggul

Di atas kertas, Indonesia memang lebih unggul ketimbang Timor Leste. Evan Dimas dan kolega saat ini menempati peringkat 164 dunia, sementara Timor Leste hanya bertengger di urutan ke-196.

Meski demikian, Shin Tae-yong pantang menganggap remeh Lafaek. Pasalnya, skuad racikan Fabio Maragao itu dinilai punya kemampuan passing serta mobilitas yang apik.

"(Pemain-pemain Timor Leste) lebih baik dari pemikiran saya. (Kemampuan) passing, lari, hingga mobilitas mereka sangat baik," ujar Shin Tae-yong.

"Tetapi, kami pun tidak akan lengah. Kami akan tetap mempersiapkan diri agar bisa menunjukkan kemampuan yang terbaik (di laga tersebut)," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya