Pesan Evan Dimas untuk Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Jelang Indonesia Vs Timor Leste

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 26 Jan 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 18:30 WIB
Marselino Ferdinan
Perbesar
Marselino Ferdinan dalam duel Persebaya Surabaya Vs Barito Putera pada pekan ke-15 BRI Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/11/2021) malam. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia bakal segera menghadapi laga uji coba kontra Timor Leste pada Kamis (27/1/2022) dan Minggu (30/1/2022) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Manajer Timnas Indonesia Shin Tae-yong tercatat menurunkan sejumlah pemain muda dan senior untuk menghadapi Timor Leste di perhelatan itu. Beberapa di antaranya juga sempat mengantar pasukan Merah Putih meraih runner up Piala AFF 2020.

Adapun, nama pemain muda yang cukup dinanti penampilannya di FIFA Matchday kontra Timor Leste yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh. Meski baru berusia 17 tahun, kedua pemain tampil makin moncer dari hari ke hari.

Gelandang berpengalaman Timnas Indonesia, Evan Dimas, ikut membagikan pandangannya soal Marselino dan Ronaldo. Pemain berusia 26 tahun ini menilai, sang penggawa muda punya potensi bagus.

“Masuk di Timnas pada usia muda itu memang tidak gampang. Kita juga perlu adaptasi. Akan tetapi, saya lihat Marselino dan Ronaldo Kwateh ini pemain yang sangat berpotensi,” ujar Evan Dimas dalam konferensi pers jelang laga kontra Timor Leste di Trans Resort Bali, Rabu (26/1/2022) siang.


Memberi Saran

Penyerang Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh.
Perbesar
Penyerang Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh. (PSSI).

Lebih lanjut, Evan Dimas juga mengaku sempat memberi saran kepada dua wonderkid, agar bisa bertahan di Skuad Garuda untuk waktu yang lama.

“Marselinus juga sering ngobrol dengan saya, ‘Mas, kok bisa bermain lama di Timnas.’ Saya bilang, memang untuk mencapainya itu gampang, tetapi untuk mempertahankannya tidak mudah. Kamu harus menjaga mental,” kata pemain Bhayangkara FC tersebut.

“Saya (juga) bilang, penyesalan itu datangnya tidak di depan, tetapi di belakang. Kalau ada kesempatan bermain di luar negeri, bermainlah di luar negeri. Kalau saya mungkin sudah terlambat, ya,” sambungnya.


FIFA Matchday

Timnas Indonesia Unggul Atas Timor Leste di Piala AFF 2018
Perbesar
Pemain tengah Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono merayakan gol yang dicetak Stefano Lilipaly saat melawan Timor Leste pada penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia unggul 3-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebagai informasi, laga kontra Timor Leste merupakan bagian dari FIFA Matchday yang diperuntukkan bagi negara-negara anggota FIFA. Masuk dalam kalender resmi, ajang tersebut memberi hak bagi pelatih timnas untuk memanggil pemain-pemainnya, termasuk yang merumput di luar negeri.

Walau bertajuk “uji coba”, pertandingan ini adalah momen penting bagi pasukan Merah Putih. FIFA Matchday menjadi ajang persiapan bagi anak-anak asuh Shin Tae-yong, jelang menghadapi Kualifikasi Piala Asia, Piala AFF U-23, dan Sea Games Vietnam.


Lebih Unggul

Di atas kertas, Indonesia sejatinya lebih unggul dibanding Timor Leste. Evan Dimas cs saat ini tercatat menempati peringkat 164 dunia, sementara Timor Leste hanya bertengger di urutan ke-196.

Meski demikian, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pantang menganggap remeh Lafaek. Pasalnya, skuad racikan Fabio Maragao itu dinilai punya kemampuan passing serta mobilitas yang apik.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya