Gibran Rakabuming Raka Siap Jadi Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022

Oleh Harley Ikhsan pada 25 Jan 2022, 20:20 WIB
Diperbarui 25 Jan 2022, 20:20 WIB
Gibran Rakabuming
Perbesar
Wali Kota Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Ketua NPC Senny Marbun. (Dok Kemenpora)

Liputan6.com, Solo - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka siap menjadi ketua panitia penyelenggara ASEAN Para Games atau Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) 2022.

Gibran bertemu dengan Ketua Umum Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia Senny Marbun serta jajaran pengurus untuk melakukan pembahasan lebih lanjut di Kantor NPC Indonesia, Solo, Selasa (25/1/2022).

Rencananya ASEAN Para Games ke-11 berlangsung pada 20-31 Juli 2022. Selain persiapan venue, NPCI juga terus melakukan persiapan atlet dengan menggelar pemusatan latihan nasional (pelatnas).

"Saya mendapatkan berita baik dari Ketua NPCI karena dipercaya menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Kepercayaan ini luar biasa sekali bagi kota Solo," kata Gibran Rakabuming dalam keterangan resmi NPC Indonesia.

"Tadi saya mendapatkan amanat untuk menjadi Ketua INASPOC. Nantinya dalam waktu enam bulan ke depan, kami akan koordinasikan arena-arena yang kurang baik untuk direnovasi. Solo sudah siap untuk menggelar ajang internasional dan ini sangat luar biasa," tambahnya.

Putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu menjelaskan, arena pertandingan nantinya tidak hanya ada di Solo.

"Karanganyar dan Boyolali yang sudah siap. Kami juga akan berkoordinasi dengan kepala-kepala daerah Solo Raya demi kesuksesan ajang ini," ujar Gibran.


Reaksi NPCI

Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep
Perbesar
Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep (dok. Instagram @kaesangphttps://www.instagram.com/p/B6srV_CJCvN/Putu Elmira)

Ketua NPC Indonesia Seny Marbun, bersyukur atas penunjukan Indonesia khususnya Kota Solo sebagai tuan rumah APG 2022. "Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang mengerti hati kami yang ingin mengadakan pertandingan setelah vakum beberapa lama akibat pandemi Covid-19," katanya.

"Setelah ditiadakannya APG Filipina 2019 dan Vietnam menolak menjadi tuan rumah APG 2022, Pak Presiden mengambil keputusan untuk menjadi tuan rumah yang merupakan keputusan yang luar biasa. Kita akan mempersiapkan diri secara maksimal untuk menjadi tuan rumah APG tahun ini," sambung Senny Marbun.


Ajang Kedua

Ketua NPC Indonesia dan Menpora
Perbesar
Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, memberi pujian kepada Presiden Jokowi dan Menpora Amali atas dukungan yang diberikan bagi atlet disabilitas dan Peparnas Papua. (Dok. Kemenpora)

Tuan rumah ASEAN Para Games 2022 menjadi kali kedua Indonesia menyelenggarakan ajang tersebut. Tanah Air juga menggelar APG pada 2011, juga di Kota Solo.

"Kita dipercaya menjadi tuan rumah APG 2022 karena kita pernah menjadi tuan rumah tahun 2011 serta adanya kepercayaan dari negara-negara lain untuk kita menjadi tuan rumah," kata Senny.

Solo ditetapkan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 2022 menggantikan Vietnam dalam surat keputusan yang dikeluarkan oleh ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada tanggal 14 Januari 2022. Namun, APSF masih menunggu surat Indonesia bebas sanksi doping dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) hingga tanggal 15 Februari 2022.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya