5 Pesepak Bola Paling Banyak Cetak Gol Sundulan di Abad ke-21, Cristiano Ronaldo Jagonya

Oleh Bogi Triyadi pada 23 Jan 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 23 Jan 2022, 07:00 WIB
Cristiano Ronaldo - Manchester United - 12 Desember
Perbesar
Striker Manchester United Cristiano Ronaldo merayakan golnya ke gawang Norwich City pada pertandingan Liga Inggris di Stadion Carrow Road, Norwich, Minggu (12/12/2021) dini hari WIB. (Daniel LEAL / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola telah berkembang pesat sejak awal dekade ini. Pertandingan menjadi jauh lebih teknis dan rumit daripada sebelumnya, sering kali membuat gagasan lama terasa usang.

Tapi saat gol adalah kebutuhan saat ini dan tidak ada taktik yang membuahkan hasil, kita masih cenderung kembali ke akar. Pertandingan kembali ke pola sederhana dan mengandalkan umpan silang.

Strategi tersebut cukup berhasil. Setidaknya kita akan melihat lima penyerang abad ke-21 yang tahu bagaimana menjebol gawang lawan dengan sundulan mereka.

Berikut 5 pesepak bola yang paling banyak mencetak gol sundulan di abad ke-21 seperti dikutip dari Sportskeeda. Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Radamel Falcao (Rayo Vallecano) - 71 gol

Radamel Falcao - Rayo Vallecano
Perbesar
Penyerang Rayo Vallecano Radamel Falcao dalam pertandingan Liga Spanyol melawan Real Betis di Stadion Vallecas, 9 Januari 2022. (OSCAR DEL POZO / AFP)

 

Radamel Falcao adalah salah satu penyerang terbaik pada generasi ini. Performanya memang telah meredup dalam beberapa musim terakhir, tapi anda tidak dapat mengabaikan penampilan mantan pemain Monaco itu di masa jayanya.

Di masa kejayaannya, Falcao tidak hanya dapat mencetak gol dengan mudah dari kedua kakinya. Tapi, pemain asal Kolombia itu juga juga merupakan penyundul bola yang luar biasa.

Mantan pemain River Plate, Atletico Madrid, Manchester United, dan Chelsea itu saat ini bermain untuk klub Liga Spanyol Rayo Vallecano. Dia telah mencetak 298 gol sejauh ini di level klub. Dari 298 serangannya, 71 di antaranya berasa dari kepalanya.

Kemampuan menyundul Falcao sering terbukti menjadi penentu bagi klubnya pada abad ke-21. Sebanyak 22 dari 71 sundulannya akhirnya membawa timnya meraih kemenangan.

Upaya sundulan terakhirnya di level klub datang dalam kekalahan Vallecano 1-2 dari Real Madrid pada matchday 13 Liga Spanyol.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Fernando Llorente (Eibar) - 75 gol

Fernando Llorente
Perbesar
Fernando Llorente saat bermain untuk Tottenham Hotspur pada leg kedua perempat final Liga Champions melawan Manchester City di Etihad Stadium, 17 April 2019. (Anthony Devlin / AFP)

Fernando Llorente mungkin tidak dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik. Tetapi, pemain Eibar ini benar-benar merupakan penyundul bola yang kejam.

Lulusan Athletic Bilbao ini tidak pernah menjadi pemain paling tajan, tetapi selalu menjadi target man yang hebat. Arahkan bola ke arahnya dan kemungkinan dia akan menaklukkan kiper dengan sundulan yang keras.

Llorente, yang pernah bermain di Athletic Bilbao, Tottenham Hotspur, dan Sevilla, telah mencetak 178 gol untuk level klub sejauh ini. Sebanyak 75 dari 178 golnya berasal dari sundulan, cukup untuk memberi tahu betapa bagusnya dia di udara.

Dari 75 sundulannya, 21 di antaranya merupakan gol penentu kemenangan bagi klubnya. Saat ini, dia bermain untuk tim divisi Segunda Eibar dan belum mampu mencetak gol dalam sepuluh pertandingan musim ini.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Robert Lewandowski (Bayern Munchen) - 77 gol

Foto: Pesepak Bola yang Namanya Tersematkan Julukan Gol, Ada Mantan Bomber Timnas Indonesia
Perbesar
Robert Lewandowski - Bomber Bayern Munchen ini tak perlu diragukan lagi dalam urusan mencetak gol. Saking rajinnya membobol gawang lawan, penyerang asal Polandia ini kemudian dijuluki Lewangoalski dari rekan-rekan setimnya. (AFP/Christof Stache)

Bisa dibilang striker terbaik di generasinya dan baru saja meraih penghargaan The Best FIFA Men, Robert Lewandowski telah menguasai seni mencetak gol.

Pemain Bayern Munchen ini adalah pembaca permainan yang sangat baik dan bisa mencetak gol dari setiap sudut. Rasa laparnya untuk selalu mencetak gol telah mengubah Lewandowski menjadi pencetak gol hebat, memungkinkannya untuk mengungguli Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Pemain timnas Polandia tersebut telah mencetak 477 gol dalam 330 pertandingan di level klub. Sebanyak 77 di antaranya dari sundulan.

Seperti yang ditunjukkan oleh angka-angka, Lewandowski memiliki kecenderungan yang kuat untuk menempatkan kepalanya pada bola. Tidak mengherankan, dia telah memenangkan beberapa pertandingan dengan upaya sundulannya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Luuk de Jong (Barcelona) - 77 gol

Granada vs Barcelona Liga Spanyol
Perbesar
Bek Granada Raul Torente (kiri) bersaing dengan penyerang Barcelona Luuk de Jong dalam jornada ke-20 Liga Spanyol 2021/2022 di Stadion Los Carmenes, Minggu (9/1/2022) dini hari WIB. Barcelona ditahan imbang 1-1 Granada. (JORGE GUERRERO / AFP)

Striker Barcelona saat ini Luuk de Jong adalah penyundul bola terbaik di Liga Spanyol saat ini, setidaknya secara statistik. De Jong adalah penyerang tengah ortodoks, pemain yang tidak pernah takut berperang.

Dia tidak terlalu cepat. Tetapi, gerakannya yang tidak menguasai bola dan kemampuan udaranya lebih dari cukup untuk menunjukkan kelebihannya..

Melihat pemain timnas Belanda itu di Barcelona mungkin tampak aneh. Sebab, tim Catalan jarang bergantung pada umpan silang untuk mencetak gol. Tapi tanpa Lionel Messi, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kelebihan De Jong.

Dalam karier di level klub, mantan pemain Sevilla itu telah mencetak 77 gol sundulan, 21 di antaranya merupakan penentu kemenangan. Gol sundulan kemenangan terakhir De Jong datang musim ini, saat Barcelona menang 1-0 atas Mallorca di jornada ke-19 Liga Spanyol.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Cristiano Ronaldo (Manchester United) - 110 goals

Cristiano Ronaldo 2
Perbesar
Penyerang Manchester United Cristiano Ronaldo merayakan golnya ke gawang Atalanta dalam pertandingan Grup F Liga Champions di Gewiss Stadium, Bergamo, Rabu, 3 November 2021. (Marco BERTORELLO / AFP)

Cristiano Ronaldo berada di posisi teratas dalam daftar ini. Superstar Manchester United itu sudah mencetak 688 gol dalam 455 pertandingan, di mana 110 di antaranya tercipta dari kepalanya.

Ronaldo juga berada di puncak daftar dalam hal sundulan pemenang pertandingan. Bintang asal Portugal itu telah mencetak 28 sundulan pemenang pertandingan dalam kariernya, yang dengan sendirinya merupakan statistik luar biasa.

Ronaldo, yang baru-baru ini diberikan penghargaan khusus oleh FIFA untuk menjadi pencetak gol terbanyak di sepak bola internasional, saat ini beroperasi sebagai penyerang tengah untuk MU. Dia menggunakan gerakan off-the-ball kelas dunianya untuk menjauh dari para pemain bertahan dan menyerang ketika tidak diharapkan.

Akan berusia 37 tahun pada Februari 2022, Ronaldo bertekad untuk mengakhiri kariernya di level atas.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya