Sukses

Berkat Indonesia, Bintang Chelsea Pecahkan Rekor

Pemain Chelsea, Sam Kerr, resmi menyandang predikat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Australia, usai membobol gawang Indonesia lima kali di laga perdana Grup B Piala Asia Wanita 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Striker Chelsea, Sam Kerr, sukses memecahkan rekor sepanjang masa Timnas Australia, usai mencetak lima gol dalam laga perdana Grup B Piala Asia Wanita 2022 kontra Indonesia, yang berlangsung di Mumbai Football Arena, India, Jumat (21/1/2022) sore WIB.

Melansir ESPN, Kerr sebelumnya telah mengoleksi 49 gol bersama The Matildas. Ia hanya perlu menambah satu gol lagi untuk menyamai rekor penggawa Timnas Putra Australia, Tim Cahill. Akan tetapi, Kerr justru melampaui target.

Pemain berusia 28 tahun itu lima kali membobol gawang Timnas Putri Indonesia, yakni pada menit ke-9, 11 , 26, 36, dan 54. Capaian tersebut membawa Kerr menyandang predikat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa, sekaligus mengantar timnya menang 18–0 dari Garuda Pertiwi.

Dalam konferensi pers pasca pertandingan, Kerr mengaku dirinya merasa terhormat bisa mencetak gol bagi Australia. Ia juga menyebut rekor baru ini bakal menjadi hal yang diingat sepanjang waktu.

“Mencetak gol bagi negara saya adalah kehormatan yang luar biasa. Memecahkan rekor itu (juga) luar biasa dan (akan menjadi) sesuatu yang saya ingat selamanya,” ujar Kerr kepada awak media pada Jumat (21/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Turnamen Spesial

Piala Asia Wanita 2022 memang menjadi turnamen spesial bagi Kerr. Tak hanya skalanya yang bergengsi, lokasi penyelenggaraan ajang juga memiliki keterkaitan dengan sang pemain. Dilansir dari National Post, ayah Kerr diketahui lahir di India.

“Ini pertama kalinya saya bermain di India. Sangat spesial bisa memecahkan rekor, dan menjadi sedikit lebih spesial karena (saya) melakukannya di sini (India) dan di Piala Asia, yang merupakan turnamen penting bagi saya,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Prestasi Sam Kerr

Melansir ESPN, Kerr baru-baru ini berhasil meraih posisi kedua Pemain Terbaik FIFA 2021. Ia juga dikenal sebagai pencetak gol terbanyak di National Women’s Soccer League, serta satu-satunya pemain wanita yang memenangkan penghargaan Golden Boot di tiga liga dan tiga benua berbeda.

Dipercaya sebagai kapten The Matildas, Sam Kerr sukses menjadi pemain Australia pertama yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Kini, penggawa Chelsea itu juga resmi memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Timnas Australia.

Usai laga kontra Indonesia, Sam Kerr dkk. bakal menghadapi Filipina di pertandingan kedua Piala Asia Wanita 2022, yang dijadwalkan berlangsung pada Senin (24/1/2022) sore WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.