Lee Zii Jia Mundur dari BAM, Malaysia Kehilangan Penerus Lee Chong Wei

Oleh Liputan6.com pada 20 Jan 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 14:30 WIB
Lee Zii Jia - Indonesia Masters 2021
Perbesar
Tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia mundur dari Indonesia Masters 2021 yang berlangsung di Bali International Convention Centre & The Westin Resort, Nusa Dua, Selasa, 16 November. (foto: Humas PBSI

Liputan6.com, Jakarta Keputusan mengejutkan dibuat oleh tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia. Lee yang dijuluki sebegai The Next Lee Chong Wei itu mengakukan surat pengunduran diri dari Asosiasi Badminton Malaysia (BAM). 

Asosiasi Badminton Malaysia mengumumkan telah mengkonfirmasi kabar ini. Dalam keterangannya, BAM menyampaikan kalau Lee sudah mengirimkan surat pengunduran diri sejak 11 Januari 2021.

Keputusan pastinya akan disampaikan melalui konferensi pers yang dihelat pada Jumat (21/1/2021). Namun dikutip dari thestar.com, Presiden BAM, Tan Sri Norza Zakaria mengatakan, ia sudah melakukan pertemuan dengan tunggal putra no 7 dunia itu sejak menyerahkan surat pengunduran diri. 

BAM juga telah membujuk Lee Zii Jia, agar tetap dapat bertahan. Tunggal putra Malaysia ini, sudah berada di BAM sejak umur 13 dan dipersiapkan agar menjadi tunggal putra terbaik di Malaysia.

“Ketika dia sudah mencapai tahap ini, tentu kami tidak ingin kehilangan dia karena dia memiliki masa depan yang cerah,” jelas Norza.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tekanan Lee Zii Jia

JANGAN DIPAKAI LAGI
Perbesar
Lee Zii Jia berhasil meraih poin perdana pada awal gim pertama. Namun, Anthony Ginting mampu menyamakan kedudukan. Setelah itu, tunggal putra Malaysia selalu satu poin di depan meski Ginting pun terus berusaha menyamakan kedudukan yang berlangsung hingga 5-5. (Badminton Photo/Yves Lacroix)

Dalam pernyataannya, Nora juga menyampaikan alasan Lee Zii Jia mundur. Dalam perbincangan mereka, Lee mangaku tidak dapat menerima tekanan sebesar itu. 

"Dia berkata, kalau dia bukan Lee Chong Wei," kata Nora menjelaskan. 

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Terancam Sanksi

BAM telah menunjuk wakil presiden, Datuk Seri Dr Dr Jahaberdeen untuk menyelidiki pengunduran diri Lee Zii Jia. Hasilnya bakal disampaikan lewat jumpa pers yang akan berlangsung pukul 4 sore ini. 

BAM sejauh ini belum mengambil langkah apapun terkait pengunduran diri Lee Zii Jia. Dan menurut sejumlah laporan, Zii Jia juga sadar akan resiko yang harus dibayar bila memutuskan mundur dari BAM.

Ada klausul yang menyatakan bahwa pemain yang keluar dari tim nasional "sebelum waktunya" akan dijatuhi sanksi. Hanya mereka yang berusia 29 tahun dan telah bermain di 5 turnamen besar, seperti Final Piala Thomas dan Uber, SEA Games, Kejuaraan Dunia, Commonwealth Games, dan Olimpiade yang bisa melakukannya. 

Penulis: Jeysslyn Koesman 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya