Sukses

Rafael Benitez Resmi Dipecat, Eks Striker MU Masuk Daftar Kandidat Pelatih Everton

Padahal Rafael Benitez sebelumnya sudah menandatangani kontrak 3 tahun di Everton.

Liputan6.com, Jakarta Kebersamaan Rafael Benitez bersama Everton tidak berumur panjang. Baru 6 bulan menjabat sebagai pelatih The Toffes, pelatih yang pernah menangani Liverpool itu sudah ditendang dari Goodison Park. 

Benitez dipecat setelah timnya menelan kekalahan 1-2 atas Norwich di Liga Inggris, Sabtu lalu. Kekalahan ini semakin membuat Everton terpuruk hingga ke urutan 16 pada papan klasemen. 

Seperti dilansir dari Metro.co.uk, sentuhan Benitez sebenarnya sempat menjanjikan di awal menangani Everton. Bersama Benitez, Everton sempat memenangkan lima dari 8 laga pembuka musim ini. 

Hanya saja, Benitez gagal mempertahankan performa timnya. Belakangan, The Toffes semakin terpuruk. Everton bahkan hanya mampu mampu merebut satu kemenangan dalam 12 pertandingan. Dan puncaknya adalah ketika Everton kembali menelan kekalahan saat menyambangi markas Norwich.

"Klub Everton telah mengkonfirmasi kepergian Rafael Benitez sebagai manajer tim," bunyi pernyataan resmi Everton seperti dilansir dari Metro.co.uk. "Benitez yang bergabung sejak Juni 2021 telah meninggalkan klub ini. Penggantinya akan diumumkan dalam waktu dekat," Everton menambahkan. 

  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelatih Berpengalaman

Seperti diektahui, pria asal Spanyol itu ditunjuk menggantikan Carlo Ancelotti pada 30 Juni 2021 lalu. Saat itu, posisi pelatih Everton kosong karena Ancelotti memutuskan pindah ke Real Madrid.

Benitez tentu bukan pilihan yang baruk. Sepak terjang pria asal Spanyol tersebut sebagai pelatih boleh dikatakan sangat menjanjikan. Benitez merupakan pelatih yang pernah menangani banyak tim elite Eropa, termasuk Valencia, Liverpool, Inter Milan, Napoli, bahkan hingga Real Madrid. 

 

3 dari 4 halaman

Ditolak Fans Everton

Namun sejak awal, penunjukkan Benitez sejak awal justru menimbulkan gejolak di lingkungan Everton. Fans tidak terima karena Benitez pernah menangani Liverpool yang tidak lain adalah musuh bebuyutan Everton. Tidak banyak pelatih yang mau menerima tawaran seperti ini. Benitez adalah pelatih kedua setelah William Edward Barclay yang bersedia menangani Liverpool dan Everton sejak 1980.

Ancaman pun dilayangkan fans agar Benitez menolak tawaran Everton. Namun pria berusia 61 tahun itu bergeming dan menandatangani kontrak selama 3 tahun sebelum akhirnya dipecat di tengah jalan. 

 

4 dari 4 halaman

Siapa Penggantinya?

Sejaun ini manajemen Everton belum menunjuk pengganti Benitez. Namun sejumlah nama mulai bermunculan sebagai kandidat mantan pelatih Real Madrid dan Inter Milan itu ke depannya. 

Salah satunya adalah asisten Benitez, Duncan Ferguson. Pria asal Skotlandia itu menjadi pilihan pelatih sementara untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Benitez. Namun pengalaman yang dimiliki saat ini tidak menutup kemungkinan pria berusia 50 tahun itu bakal dinobatkan sebagai pelatih permanen.

Sementara nama lainnya seperti dilansir dari AS, adalah Wayne Rooney. Mantan striker legendaris Manchester United atau MU tersebut juga punya hubungan yang dekat dengan The Toffes. Maklum saja, Rooney merupakan mantan pemain Everton sebelum bergabung dengan Setan Merah. 

Dia kembali memperkuat Everton saat meninggalkan MU pada tahun 2017 lalu. Hanya saja, saat ini Wayne Rooney masih memiliki kontrak selama setahun lagi sebagai pelatih Derby County. 

Sedangkan satu nama lainnya yang juga berpotensi menangani Everton adalah Frank Lampard. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.