Sukses

Buka IBL 2022, Menpora: Semoga Hasilkan Atlet Timnas yang Baik

Menpora Zainudin Amali berharap berlangsungnya IBL 2022 bisa mencetak atlet-atlet yang hebat untuk timnas basket Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menpora RI, Zainudin Amali secara resmi membuka dimulainya Indonesian Basketball League atau IBL 2022 di Hall Basket GBK, Sabtu (15/1/2022). Amali hadir untuk mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk membuka seri pertama IBL yang berlangsung hingga 22 Januari 2022 mendatang.

IBL 2022 bisa dihadiri penonton dengan jumlah maksimal 500 orang. Penerapan protokol kesehatan ketat menjadi syarat mutlak bagi seluruh orang di lokasi pertandingan.

Klub asal Bandung, Prawira Bandung menang dengan skor 71-54 dari Pacific Caesar Surabaya pada laga pembuka di hari pertama.Laga antara Bumi Borneo Pontianak melawan NSH Mountain Gold Timika menyusul laga pertama. Klub asal Timika berhasil menang dari klub asal Pontianak dengan skor tipis 68-60.

Berikutnya adalah laga antara RANS PIK Basketball melawan West Bandits Solo. RANS, klub milik Raffi Ahmad menelan kekalahan 57-75.

"Atas nama Presiden Republik Indonesia, dengan ucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kompetisi IBL tahun 2022, saya nyatakan dengan resmi dimulai," kata Zainudin Amali.

"Pemerintah mengapresiasi upaya-upaya Perbasi, upaya-upaya IBL yang telah membuat pertandingan ini digelar dengan penonton terbatas. Semoga kompetisi ini berlangsung dengan lancar, aman, tertib dan tentunya, pada akhirnya menghasilkan (atlet) tim nasional yang baik," ujar Menpora pada saat pidato pembukaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laga Penutup

 

Pada hari pertama, laga penutup mempertandingkan antara Satria Muda Pertamina Jakarta melawan Pelita Jaya Jakarta. Laga keduanya seakan pertandingan ulang final IBL tahun lalu.

Adapun final IBL tahun 2021 dimenangkan oleh Satria Muda setelah mengalahkan Pelita Jaya dua kali dari tiga gim.

Satria Muda awalnya tertinggal jauh pada awal laga, namun perlahan dapat mengejar ketertinggalan. Jelang babak terakhir usai, Satria Muda akhirnya bisa menyamakan kedudukan dengan skor 65-65. Meski begitu, Pelita Jaya yang unggul sejak awal laga, akhirnya memastikan kemenangan dengan skor 69-65.

Turut hadir secara langsung menyaksikan laga tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, Ketum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dan Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP.Perbasi) Danny Kosasih.

 

3 dari 3 halaman

Apresiasi KONI

 

Penyelenggaraan IBL Tokopedia 2022 hari pertama juga mendapat apresiasi dari Ketum KONI Pusat. Marciano Norman mengaku senang karena kompetisi dalam negeri bisa berjalan meski di tengah pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, kompetisi olahraga bola basket telah dimulai dengan baik, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Adanya kompetisi olahraga ini diharapkan mampu membuktikan bahwa kita, Bangsa Indonesia mampu tetap berprestasi meski di tengah masa Pandemi Covid-19. Kegiatan olahraga dengan protokol kesehatan memotivasi masyarakat luas untuk tetap berkarya dan berprestasi," kata Marciano.

"Tahun lalu, masyarakat olahraga prestasi telah membuktikan bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua dapat diselenggarakan dengan sukses. Hari ini, di awal Tahun 2022, IBL 2022 juga telah memulai kompetisi olahraga dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Sudah banyak bukti bahwa pembinaan olahraga dapat kembali diselenggarakan. Semoga, keberhasilan yang sudah ada dapat memotivasi cabang olahraga lainnya dalam melakukan pembinaan olahraga," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.