Masih Produktif, Cristiano Ronaldo Ingin Bermain sampai Usia 42 Tahun!

Oleh Liputan6.com pada 16 Jan 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 16 Jan 2022, 08:00 WIB
Foto: Cristiano Ronaldo dan 5 Pemain Usia Uzur yang Masih Sanggup Bersaing di Kerasnya Liga Inggris
Perbesar
Cristiano Ronaldo - Megabintang yang telah menginjak usia 37 tahun ini nampaknya belum habis. Meski klubnya saat ini Manchester United sering menunjukan performa naik turun. Namun CR7 tetap menjadi tumpuan Setan Merah dalam urusan mencetak gol. (AFP/Daniel Leal)

Liputan6.com, Manchester- Megabintang Manchester United (MU) Cristiano Ronaldo mengungkap target jangka panjangnya sebagai pemain sepak bola.

Striker asal Portugal ini diketahui bakal menginjak usia 37 tahun pada 5 Februari mendatang. Akan tetapi, ia belum berniat gantung sepatu. Dilansir dari ESPN, Ronaldo mengaku masih ingin melanjutkan karier sepak bolanya hingga berusia 42 tahun.

“Secara genetik, saya merasa seperti (baru) berusia 30 tahun. Saya sangat menjaga tubuh dan pikiran saya. Saya percaya bahwa tubuh dapat memberi jika Anda membutuhkannya, tetapi perjuangan yang sesungguhnya adalah (dari segi) mental,” ujar CR7 seperti dikutip dari ESPN.

“Melewati banyak hal dengan berfokus pada tujuan akhir untuk berada di level tinggi adalah sesuatu yang sulit. Itulah yang telah saya lakukan selama beberapa tahun terakhir.”

“Saya senang, saya ingin tetap di sini dan melihat apa yang akan terjadi. Saya ingin mencari tahu apakah saya akan bermain sampai usia 40, 41, atau 42 tahun. Yang terpenting, tujuan saya adalah untuk menikmati momen (saat) ini,” pungkas sang pemain MU.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ronaldo di MU

Foto: 5 Pemain dengan Gaji Tertinggi di Liga Inggris Awal Tahun 2022, Dominasi 4 Pemain Manchester United
Perbesar
Cristiano Ronaldo. Striker Portugal yang kini memasuki musim pertama di periode keduanya bersama Manchester United ini menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Liga Inggris. Tampil 21 laga dengan torehan 14 gol dan 3 assist, ia digaji 510 ribu pound per pekan setara Rp9,9 miliar. (AP/Dave Thompson)

Ronaldo sejatinya tengah mengalami masa-masa sulit bersama klubnya di Old Trafford. Skuad yang ditukangi oleh Ralf Rangnick tersebut bertengger di peringkat tujuh klasemen sementara Liga Inggris, terpaut 22 poin dari pemuncak Manchester City.

Meski demikian, CR7 tetap menunjukkan performa gemilang bersama Setan Merah. Ia mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak MU, usai mengoleksi 14 gol di semua kompetisi.

Ini merupakan kali kedua Ronaldo berkarier di Old Trafford. Sebelumnya, ia sempat memperkuat Manchester United selama enam tahun, terhitung sejak 2003–2009.

Ia menjadi salah satu pemain penting dalam skuad asuhan Sir Alex Ferguson, dengan mencetak 118 gol dari 292 penampilan. Akan tetapi, CR7 memutuskan hengkang ke Real Madrid. Ia juga sempat pindah ke Juventus, sebelum akhirnya pulang ke Theatre of Dreams pada 2021.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ryan Giggs

Foto: 5 Rekan Setim Cristiano Ronaldo dengan Penampilan Terbanyak Bermain Bersama di Manchester United, Rio Ferdinand Teratas
Perbesar
Ryan Giggs. Gelandang yang total 24 musim memperkuat Manchester United mulai 1990/1991 hingga 2013/2014 ini tercatat 204 kali bermain bersama Cristiano Ronaldo. Bersama Setan Merah ia mengoleksi total 963 penampilan dengan torehan 168 gol dan 250 assist. (Foto: AFP/Paul Ellis)

Ronaldo bukan satu-satunya pemain yang aktif di lapangan hingga tua. Eks pemain Manchester United Ryan Giggs juga diketahui pensiun di usia 40 tahun. Ia bahkan pernah menyandang predikat sebagai pemain tertua yang merumput bersamma MU.

Dikutip dari Goal.com, mantan pesepak bola asal Wales itu memang berfokus pada diet dan yoga demi membantunya bertahan di puncak karier sepak bola. Ronaldo nampaknya bisa mengambil pelajaran dari Giggs, yang tampil prima di lapangan hijau walau sudah memasuki kepala empat.

 

Penulis: Melinda Indrasari

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya