Sukses

Bangladesh Keluhkan Protokol Covid-19, Laga Uji Coba Timnas Indonesia Terancam

Timnas Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Bangladesh dalam pertandingan uji coba FIFA Macthday Januari ini. Jelang laga tersebut, Bangladesh mengaku keberatan terkait aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Bangladesh dalam dua kali pertandingan uji coba pada FIFA Matchday Januari ini. Jelang laga tersebut, Bangladesh mengaku keberatan terkait aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Dilansir dari laman resmi Federasi sepakbola Bangladesh (BFF), telah mengumumkan bahwa timnas Indonesia akan menjadi lawan tanding mereka dalam laga uji coba FIFA matchday pada akhir Januari mendatang.

"Timnas Bangladesh dua kali menghadapi timnas Indonesia akan digelar masing-masing pada 24 dan 27 Januari di Bali, Indonesia," tulis pernyataan BFF dalam laman resminya.

Namun, persiapan pertandingan yang sedianya akan digelar di Bali itu harus terkendala regulasi Covid-19. Pasalnya, calon lawan timnas Indonesia, Bangladesh merasa keberatan untuk menjalani aturan protokol kesehatan bagi pendatang luar negeri yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

"Kalau harus menjalani karantina selama tujuh hari, Bangladesh menolak karena mereka akan datang pada 20 Januari 2022," ujar Yunus Nusi selaku Sekretaris Jenderal PSSI, Rabu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya yang Dilakukan PSSI

Perlu diketahui, pemerintah Indonesia telah membuat aturan khusus terkait protokol kesehatan yang ketat bagi pendatang dari luar negri wajib menjalani karantina selama tujuh hari, termasuk Bangladesh.

Oleh karena itu, PSSI selaku federasi akan berkomunikasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 guna meminta keringanan dalam menuntaskan persoalan tersebut. Sebab, pertandingan antara Indonesia kontra Bangladesh berlangsung dalam sistem gelembung (bubble).

"Jadi, kami masih tetap menunggu seperti apa hasil komunikasi dengan pemerintah," pungkas Yunus.

 

3 dari 4 halaman

Agenda Timnas Indonesia

Rencananya Timnas Indonesia akan menghadapi Bangladesh sebanyak dua kali. Pertama pada 24 Januari dan kedua pada 27 Januari 2020 di Stadion I Kapten Dipta, Gianyar, Bali.

Apabila nantinya laga melawan Bangladesh batal, PSSI telah memiliki opsi tiga pilihan calon lawan untuk Timnas Indonesia, yakni Timor Leste, Brunei Darussalam, dan Maladewa.

Sepanjang tahun 2022, skuad Garuda akan melakoni jadwal yang padat. Sejumlah turnamen besar menanti Timnas Indonesia, seperti Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala AFF 2022.

Adanya pertandingan uji coba internasional FIFA pada akhir Januari 2022 menjadi agenda pertama timnas Indonesia tahun 2022. Setelah itu, PSSI fokus menyiapkan Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala AFF U-23 2022 pada 14-26 Februari 2022 di Kamboja. 

 

4 dari 4 halaman

Head to Head Timnas Indonesia Vs Bangladesh

29/7/1975: Indonesia 4-0 Bangladesh

10/8/1984: Indonesia 2-1 Bangladesh

18/3/1985: Indonesia 2-0 Bangladesh

2/4/1985: Bangladesh 2-1 Indonesia

28/4/1985: Bangladesh 1-1 Indonesia

13/11/2008: Bangladesh 0-2 Indonesia

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.